Transformasi UMKM: Pendampingan pemasaran dan teknologi untuk pertumbuhan ekonomi lokal

  • Asri Ainun Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Suherman Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: mentoring, MSMEs, innovation, online marketing

Abstract

To increase the resilience of micro, small, and medium enterprises (MSMEs) amidst the impact of the Covid-19 pandemic, the Development Study Program at Muhammadiyah University Parepare has carried out assistance in Cilellang Village, Mallusetasi District, Barru Regency. The main focus is on the traditional cake service sector. This assistance introduces innovation and production efficiency through training in machine use and online marketing strategies. Program evaluation shows positive results with increased marketing understanding and technology adoption by MSME players. The most striking impact is the increase in cake production efficiency thanks to the use of machines and market expansion through online marketing. Thus, this assistance not only overcomes marketing obstacles in the pandemic but also opens up opportunities for local economic growth.

Author Biographies

Asri Ainun, Universitas Muhammadiyah Parepare

Program Studi Ekonomi Pembangunan, Universitas Muhammadiyah Parepare

Suherman, Universitas Muhammadiyah Parepare

Program Studi Agroteknologi, Universitas Muhammadiyah Parepare

References

Anggraeni, C. D., & Oktafia, R. (2017). Strategi pengembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) melalui inovasi produk. Percepatan Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Melalui Perkuatan Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) Di Jawa Timur, 85-91.

Ayodya, R. W. (2020). UMKM 4.0. Elex Media Komputindo.

Azarkasyi, B. (2020). Brand Image Produk Orisinil Menjadi Otentik Dalam Membangun Komunikasi Trend Bisnis. Jurnal Komunikasi Dan Budaya, 1(1), 8-17.

Barokah, S., Andina, A. N., & Anggiany, Z. (2020). Strategi Adaptif Kedai Kopi “Coffeebreak” Purwokerto Dalam Upaya Menyongsong New Normal. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 1(12), 150-160.

Firmansyah, A., Arham, A., Nor, A. M. E., & Simanjuntak, N. F. (2019). Edukasi dan Pendampingan Pelaksanaan Kewajiban Perpajakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Pada UMKM XYZ. Intervensi Komunitas, 1(1), 57-64.

Hendarti, D. R. (2017). Penguatan kapabilitas inovasi dalam meningkatkan daya saing Tenun ikat bandar Kota Kediri (Doctoral dissertation, Master thesis). Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya).

Hidayat, M., Mushlihuddin, A., & Ardi, S. (2016). Disain Kontrol Mesin Auto Blow Menggunakan Sistem Kendali PLC di Industri Manufaktur. Technologic Politeknik Astra, 7(2).

Iqbal, A., & Yuliandari, N. K. (2019). Determinan Kinerja Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam Upaya Mendukung Banyuwangi sebagai Kota Tujuan Wisata. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 7(2), 175-188.

Mastura, M., & Santaria, R. (2020). Dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pengajaran bagi guru dan siswa. Jurnal studi guru dan pembelajaran, 3(2), 289-295.

Novrian, D. O. (2018). Sistem Kendali Parkir Otomatis Menggunakan Rfid Dan Sensor Inframerah Berbasis Programmable Logic Controller (PLC)-Human Machine Interface (HMI) (Doctoral dissertation, undip).

Purwantini, A. H., & Anisa, F. (2018, February). Analisis Penggunaan Media Sosial Bagi UKM dan Dampaknya Terhadap Kinerja. In Prosiding University Research Colloquium (pp. 304-314).

Salahudin, S., Wahyudi, W., Ulum, I., & Kurniawan, Y. (2018). Model Manajemen kelompok Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Usaha Tepung Tapioka. Aristo, 6(1), 18-44.

Seprianto, D., Ismail, I., Wilza, R., Faradilla, N., Putra, R. P., & Fauzan, Z. Z. (2017). Alat Bantu Penggulung Benang Songket Palembang Pada Lungsen Dengan Sistem Otomatisasi Transverse Roll. AUSTENIT, 9(1).

Septiadhi, D. (2019). Disrupsi: SIAP!: Strategi, Inovasi, dan Aplikasinya untuk menjadi Pemenang. Baraqa Publishing.

Setiawan, H. C. B. (2020). Redesign Bisnis Pasca Pandemi Covid-19: Prespektif UMKM, BUMDes & Usaha Ekonomi Pesantren. Mukmin Publishing.

Sulaksono, J. (2020). Peranan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (umkm) desa tales kabupaten kediri. Generation Journal, 4(1), 41-47.

Wijayanti, N., & Laeliocattleya, R. A. (2018). Peningkatan Efisiensi Produksi Jenang Dan Kue Kacang Di Koperasi Wanita” Mitra Wanita” Di Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar. Teknologi Pangan: Media Informasi dan Komunikasi Ilmiah Teknologi Pertanian, 9(1), 70-76.

Published
2020-10-30
How to Cite
Asri Ainun, & Suherman. (2020). Transformasi UMKM: Pendampingan pemasaran dan teknologi untuk pertumbuhan ekonomi lokal. Jurnal Dedikasi Masyarakat, 4(1), 23 -. https://doi.org/10.31850/jdm.v4i1.3009

Most read articles by the same author(s)