PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP KERUSAKAN BARANG DALAM PENGANGKUTAN MELALUI DARAT PADA JASA TRAVEL DI KOTA PAREPARE

  • Wahyu Rasyid, Mutmainnah M.S, Cindi Regisdita UMPAR
Keywords: Perlindungan Konsumen., kerusakan barang.

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi perlindungan konsumen terhadap kerusakan barang dalam pengangkutan darat oleh jasa travel di Kota Parepare. Perlindungan konsumen dalam transportasi barang diatur oleh Undang-Undang Perlindungan Konsumen untuk mencegah kerugian. Data dianalisis secara deskriptif-kualitatif dengan pendekatan normatif-empiris. Kelalaian pengirim diidentifikasi sebagai faktor utama kerusakan barang. Perum Damri dan New Liman Trans memberikan kompensasi yang berbeda. Meskipun menggunakan negosiasi, pertanggungjawaban masih dinilai kurang efektif terutama untuk barang bernilai tinggi. Pengetahuan konsumen tentang hak mereka perlu ditingkatkan. Penelitian ini penting untuk menyelesaikan perselisihan antara konsumen dan penyedia jasa angkutan.

Published
2024-06-29