Aplikasi Identifikasi Huruf Angka Dan Warna Pra-Sekolah Berbasis Android
Abstract
Anak pra-sekolah, sebagai salah satu bentuk dari manusia pembelajar, membutuhkan pengalaman yang memiliki peran sangat penting dalam keseluruhan proses perkembangan aspek-aspek kepribadian pada masa-masa kehidupannya. Sehingga, pendidikan anak usia dini membutuhkan pendidikan yang dapat membawa sebanyak mungkin pengetahuan di dunia ini ke dalam lingkungan kegiatan anak yang dapat memberikan pengalaman belajar baik di dalam maupun di luar kelas. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan sebuah aplikasi identifikasi huruf, angka dan warna anak pra-sekolah berbasis android menggunakan tesseract-ocr yang dapat memberikan Pendidikan dasar untuk anak usia dini (pra-sekolah), sehingga dapat meningkatkan minat anak untuk belajar mengenal, huruf, angka, dan warna. Hasil dari penelitian ini berupa sistem yang dapat membantu anak pra-sekolah dalam pengenalan huruf, angka, dan warna yang keluaran/output dari objek tersebut adalah suara yang dapat membantu Pendidikan anak usia dini (Paud) belajar interaktif, berdasarkan dari hasil percobaan 15 orang anak menggunakan objek dengan background polos maka di dapatkan rata-rata waktu yaitu, 2,8785 detik konversi ke 0,048 menit dan 39,85 detik konversi ke 0,048 menit, jarak deteksi pada objek menggunakan background polos rata-rata 2 cm, sedangkan menggunakan background objek mendapatkan jarak rata-rata 15cm.
References
. Mulyati, Mumun. “Menciptakan pembelajaran menyenangkan dalam menumbuhkan peminatan anak usia dini terhadap Pelajaran.” Vol 12, hlm. 277-294, 2019.
. Priantama, R . “Implementasi algoritma sift pada aplikasi media pembelajaran Pendidikan anak usia dini (paud) berbasis augmented reality melalui android. Buffer informatika”. Vol 6, hlm 37-46, 2020.
. Haryanto, K. W., dan Rohimin, M. “Pengembangan aplikasi pembelajaran tajwid alquran berbasis augmented reality reality study kasus madrasah miftahul ulum 22 karang ningko. Spirit”. Vol 12, hlm. 60-66, 2020.
. Aprilino, A. “Implementasi algoritma yolo dan tesseract Ocr pada system deteksi plat nomor otomatis”. Jurnal reknoinfo, Vol. 16, hlm. 54-59, 2022.
. Andiansyah, D. “Aplikasi pendukung perkembangan kognitif anak usia 3-5 tahun berbasis android (pengenalan huruf, angka, warna dan bentuk)”. Vol.1 , hlm. 1-36, 2015.
. Kurniawan, K., & Vivi Sahfitri, V. S. (). Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Huruf Dan Angka Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android. Semnastikom, hlm. 615-621, 2016.
. Limanto, S. (2009). Peningkatan Minat Dan Kemampuan Anak Usia Pra Sekolah Untuk Belajar Membaca Dan Menulis Permulaan Menggunakan Komputer Aided Learning. GEMATIKA (Jurnal Manajemen Informatika), 9(2), hlm. -113.
. Lince, L. (2022, May). Implementasi kurikulum merdeka untuk meningkatkan motivasi belajar pada sekolah menengah .kejuruan pusat keunggulan. In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, Vol. 1, hlm. 38-49, 2022).
. Aprilia,. N., Rosnelly, R. “Aplikasi media pembelajaran pengenalan angka dan huruf untuk anak usia dini menggunakan augmented reality berbasis android”. Jurnal mahasiswa fakultas Teknik dan ilmu computer. Vol. 1, hlm 967-980, 2020.
. Hamidah, W., Irawan, T. S. B., Hasbullah, N. A. P., & Kaswar, A. B. (2022). Deteksi Nominal Uang Kertas Menggunakan OCR (Optical Character Recognition). Techno Xplore: Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Vol 7, No 2, hlm 72-76, 2022.
. Wahyuddin, W., & Hasim, A. (2023). Aplikasi Ekstraksi Data Kartu Vaksin Berbasis Web Menggunakan Metode Ocr. Jurnal Sintaks Logika, 3(2), 53-57.
Copyright (c) 2023 Agung Rinaldi, muhammad Basri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.