Aplikasi Mendeteksi Jenis Harga Assesories Handphone Menggunakan Augmented Reality
Abstract
Augmented reality (AR) merupakan teknologi yang dapat menampilkan informasi yang bersifat virtual namun di sajikan pada pandangan dunia nyata (2010). Dengan teknologi ini dalam dunia usaha yang memadai penyajian informasi dapat dilakukan dengan tepat dan akurat. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat aplikasi yang dapat menampilkan informasi harga barang menggunakan kamera pada smartphone android. Metode untuk mencapai tujuan dari penulisan ini yaitu dengan metode eksperimen memanfaatkan database Vuforia sebagai tempat penyimpanan data harga barang dan mengumpulkan sample objek yang ada sebagai target yang akan dikenali oleh kamera untuk menampilkan informasi harga barang. Bahasa yang digunakan pada aplikasi ini yaitu bahasa pemrograman C# dengan sistem windows 64-bit. Hasil dari penelitian ini yaitu menampilkan informasi harga asseroies Hp dengan cara mengambil data dari Vuforia yang akan secara otomatis ditampilkan oleh aplikasi menggunakan kamera pada smartphone.
References
Fitriyani, L., & dkk. My Body : Learning Application of Vital Organs and Skeletal Bone using Augmented Reality. 3(2), hlm. 1095-1102. Juli, 2017.
Saing and S. Harfiah. Aplikasi Media Pembelajaran Gerakan Sholat Sunnah berbasis Augmented Reality, Jurnal Sintaks Logika (JSilog), vol. 1, no. 3, hlm. 205. September, 2021.
Irawan,Y. Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Organ Tubuh Manusia Dengan Menerapkan Augmented Reality. Jurnal Ilmu Komputer, 09, hlm. 102-106. Maret, 2021.
Khomariyah, A. N. Aplikasi Augmented Reality Pembelajaran Kingdom Animalia Ordo Carnivora. Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Fakultas Sains dan Teknologi, Malang. Juni, 2017.
Meutia, S., & dkk. Sistem Saraf Pusat dan Perifier. Medula, 11(3), hlm. 306-311. 2021.
Mustaqim, I., & dkk. Aplikasi Media Pembelajaran Biologi Sistem Saraf Pusat menggunakan Augmented Reality. Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika, 4(1), hlm. 1-7. April, 2018.
Nugroho, A., & Pramono, B. A. Aplikasi Mobile Augmented Reality berbasis Vuforia dan Untiy pada Pengenalan Objek 3D dengan Studi Kasus Gedung M Universitas Semarang. Jurnal Transformatika, 14(2), hlm. 86-91. Maret, 2017.
Setiawan, R. Penerapan Teknologi Augmented Reality pada Pengenalan Sistem Tata Surya berbasis Android. Skripsi, Jakarta. 2017.
Sherina and Hasnawati. To Speech Pada Aplikasi E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris Berbasis Mobile, Jurnal Sintaks Logika (JSilog), vol. 3, no. 1, hlm. 44. September,2021.
Training, G. D. Android Developer Fundamentals Course Lear to Develop Android Aplication (Concept Reference). hlm. 104 2016.
Wisnugroho, S., & dkk. Aplikasi Android Rangka manusia berbasis Augmented Reality. SNIMed, 6, hlm. 77-86. Januari, 2015.
Y. Setiawan and M. Basri. Aplikasi Pengenalan Bentuk dan Suara Hewan berbasis Augmented Reality, Jurnal Sintaks Logika (JSilog), vol. 3, no. 1, hlm. 7, 2023.
Copyright (c) 2023 wahyuddin wahyuddin, Marlina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.