APLIKASI VIRTUAL REALITY GALERY SEJARAH KABUPATEN PINRANG MENGGUNAKAN VR BOX 3D

  • Dian Megah Sari Universitas Sulawesi Barat
  • Firdaus Majid Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: SEJARAH, KARYA WISATA, VIRTUAL REALITY

Abstract

Sekarang ini antusias masyarakat dalam mempelajari sejarah khususnya sejarah mengenai daerahnya masing-masing saat ini makin menurun, sehingga pengetahuan tentang sejarah daerahnya sangatlah minim dan ditambah lagi dengan minimnya literatur mengenai sejarah suatu daerah dan kurangnya inisiatif dan kreatifitas pemerintah daerah dalam mengedukasikan sejarah mengenai daerahnya kepada masyarakat. Menyikapi masalah seperti ini, diperlukan terobosan baru seperti metode karyawisata yang dipadukan dengan sebuah perangkat teknologi, seperti salah satu teknologi visual yang dapat dimanfaatkan untuk karyawisata adalah teknologi virtual reality. Dengan menerapkan metode throw away prototype sebagai metode dalam pembuatan aplikasi dimana  metode throw away prototype adalah metode yang mengarah pada hasil presentasi saja, yang dimana bertujuan untuk memvisualisasikan sebuah sistem yang sedang dibangun dan berdasarkan komentar pengguna, prototipe berikutnya terus dibangun sampai dapat memvisualisasikan sistem kerja nyata. Dan pengujian yang dilakukan dengan metode black box dan pengujian white box pada aplikasi galeri sejarah Kabupaten Pinrang. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan oleh Masyarakat Kabupaten Pinrang terkhusus bagi kaum pelajar sebagai sarana pembelajaran sejarah mengenai Kabuten Pinrang sehingga sejarah tidak terlupakan.

References

A. Wafiah, “INFORMASI OBAT CAIR UNTUK ANAK MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID,” J. Sintaks Log., vol. 1, no. 2, pp. 107–112, May 2021, doi: 10.31850/JSILOG.V1I2.859.

A. Wafiah, U. Suwardoyo, and F. Syawal, “APLIKASI MENDETEKSI JENIS HARGA ASSESORIES HANDPHONE MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY,” J. Sintaks Log., vol. 1, no. 1, pp. 26–32, Jan. 2021, doi: 10.31850/JSILOG.V1I1.693.

I. Irmayani, M. I. Putera, S. Alam, S. Surahman, and M. Masnur, “Land Use Potential on Water Balance Based on SWAT Method in Saddang Watershed in Bendung Benteng Irrigation System,” Agrotech J., vol. 3, no. 2, pp. 53–60, 2018, doi: 10.31327/atj.v3i2.857.

B. Mide and M. Masnur, “APLIKASI VIRTUAL TOUR FAKULTAS TEKNIK BERBASIS ANDROID MOBILE,” J. Sintaks Log., vol. 1, no. 2, pp. 116–122, May 2021, doi: 10.31850/JSILOG.V1I2.1095.

I. Muhammad, M. Masnur, and A. G. Syam, “APLIKASI QR CODE SEBAGAI SARANA PENYAMPAIAN INFORMASI POHON DIKEBUN RAYA JOMPIE,” J. Sintaks Log., vol. 1, no. 1, pp. 33–41, Jan. 2021, doi: 10.31850/JSILOG.V1I1.694.

I. Muh, F. Saing, and R. H. A. Annur, “Sistem Informasi 717 Advertising Berbasis Web,” J. Sintaks Log., vol. 1, no. 2, pp. 72–75, May 2021, doi: 10.31850/JSILOG.V1I2.778.

U. Suwardoyo, S. Alam, and R. Rusdi, “Sistem Informasi Coffee Shop Pada A Lot Of Coffee Berbasis Web,” J. Sintaks Log., vol. 1, no. 2, pp. 89–95, May 2021, doi: 10.31850/JSILOG.V1I2.814.

M. Masnur, S. Alam, and M. Fikri Nasir, “RANCANG BANGUN SISTEM KEAMANAN MOTOR DENGAN PENGENALAN SIDIK JARI BERBASIS ARDUINO UNO,” J. Sintaks Log., vol. 1, no. 1, pp. 2412–2775, Jan. 2021, [Online]. Available: https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/sylog.

M. Yunus, M. Marlina, and Adrisal, “APLIKASI PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN QUICK RESPONSE CODE,” J. Sintaks Log., vol. 1, no. 1, pp. 42–49, Jan. 2021, doi: 10.31850/JSILOG.V1I1.701.

M. Masnur, “Monitoring Suhu Aspal Curah Berbasis Raspberry Pi,” J. Comput. Inf. Syst. ( J-CIS ), vol. 2, no. 1, pp. 14–26, Sep. 2020, doi: 10.31605/JCIS.V2I1.797.

W. Wahyuddin, M. Marlina, and A. Saputra, “Aplikasi schedule pengerjaan proyek online dinas PU Kab. Sidrap,” J. Sintaks Log., vol. 1, no. 2, pp. 54–61, May 2021, doi: 10.31850/JSILOG.V1I2.769.

M. Marlina, M. Masnur, and M. Dirga.F, “Aplikasi E-Learning Siswa Smk Berbasis Web,” J. Sintaks Log., vol. 1, no. 1, pp. 8–17, Jan. 2021, doi: 10.31850/JSILOG.V1I1.672.

M. Masnur and D. I. Difla, “Sistem Informasi Penyedia Lowongan Kerja Berbasis Web,” J. Sintaks Log., vol. 1, no. 2, pp. 82–88, May 2021, doi: 10.31850/JSILOG.V1I2.813.

M. Masnur, “APLIKASI SISTEM PENGENDALI ENERGI LISTRIK MENGGUNAKAN RASPBERRYPI PADA SMART BUILDING,” 2021. doi: 10.31850/JSILOG.V1I2.849.

Y. Yusriadi and I. Irmayani, “DESIMINASI DUA MODEL TEKNOLOGI BIOGAS PADA PETERNAKAN RAKYAT DI KABUPATEN ENREKANG GUNA MENCIPTAKAN MASYARAKAT HEMAT ENERGI DISSEMINATION OF BIOGAS TECHNOLOGY MODELS TWO PEOPLE IN THE FARMS TO CREATE THE DISTRICT ENREKANG SAVE ENERGY,” J. GALUNG Trop., vol. 2, no. 3, pp. 159–165, Jul. 2013, doi: http://dx.doi.org/10.31850/jgt.v9i3.626.

S. Sudirman, M. Masnur, and S. Yasin, “Rancang Bangun Aplikasi Ensiklopedia Makanan Tradisional Bugis Beserta Cara Pembuatannya Berbasis Android,” J. Sintaks Log., vol. 1, no. 2, pp. 62–65, May 2021, doi: 10.31850/JSILOG.V1I2.775.

S. Rahbiah, Nurliani, and Irmayani, “Community’s characteristics and participation in the urban parks’ preservation in Makassar, Indonesia,” in IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, Jun. 2019, vol. 260, no. 1, p. 12071, doi: 10.1088/1755-1315/260/1/012071.

Abdulgani, J. (1963). Penggunaan Ilmu Sejarah. Jakarta: Prapantja.

Allen, W. H. (1975). Intellectual abilities and instructional media design. AV Communication Review, 23(2), 139-170.

Dimas A.P. 2017. Implementasi Pengendalian Quadcopter Dengan Prinsip Virtual Reality Menggunakan Google Cardboard. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Komputer. Vol. 1, No. 12: 1451-1458.

https://prezi.com/p/8m5u6ptk80po/throwaway-prototyping/

Jovan A dkk. 2019. Penerapan Sederhana Virtual Reality dalam Presentasi Arsitektur. Padang: Universitas Bung Hatta. Vol. 19, No. 1: 1412-3266.

Pantelidis, V. S. (2010). Reasons to use virtual reality in education and training courses and a model to determine when to use virtual reality. Themes in Science and Technology Education, 2(1-2), 59-70.

Roedavan Rickman. 2018. Unity Tutorail Game Engine. Bandung: Informatika.

Saurik To Thuan Herman dkk. 2018. Teknologi Virtual Reality untuk Informasi Kampus. Surabaya: Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer. Vol. 6, No. 1: 2355-7699.

Sayono, J. (2015). Pembelajaran Sejarah di Sekolah: dari Pragmatis ke Idealis. Jurnal Sejarah dan Budaya, 7(1), 9-17.

Sihkabuden. (2011). Media Pembelajaran. Malang : FIP Universitas Negeri Malang.

Sinambela, M. B. W., dkk. 2018. Taman Peninggalan Sejarah Berbasis Virtual Reality. Malang: Universitas Negeti Malang. Vol.6, No. 1:2615-8787.

T. Sunarni, T. and Budiarto, D., 2014. Persepsi Efektivitas Pengajaran Bermedia Virtual Reality (VR). Semarang: Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan.

Wahyudi, A., Sahulata, R.A. & Wuwungan, B.G. 2016. Aplikasi Virtual Reality Pengenalan Kerangka Tubuh Manusia Berbasis Android. Manado: Ilmu Komputer Universitas Klabat. Vol. 2, No. 2.

Widja, I. G. (1989). Dasar-Dasar pengembangan strategi serta metode pengajaran Sejarah. Jakarta. Depdikbud Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Published
2021-10-09
Section
Articles