Rancang Bangun Prototype Alat Pengantar Makanan Pada Rumah Makan

  • Khaerul Muttaqien Parenrengi Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: rumah makan, teknologi, Arduino, sensor inframerah, push button

Abstract

Sistem pengantaran makanan pada rumah makan sebagian besar masih dilakukan secara manual dengan tenaga manusia. Keterlambatan pengiriman pesanan pada meja pelanggan saat jam sibuk menjadi salah satu permasalahan yang muncul pada model pelayanan seperti ini. Hal ini akan mempengaruhi kualitas layanan dan tingkat kepuasan pelanggan. Penerapan teknologi merupakan solusi untuk mengatasi permasalahan ini. Pada penelitian ini dirancang sebuah alat yang dapat mengantarkan pesanan makanan kepada pelanggan rumah makan secara otomatis. Alat ini dirancang menggunakan prinsip robot line follower dengan memanfaatkan perangkat Arduino Mega sebagai pusat pengendali. Dalam proses pengantaran makanan, sensor inframerah yang terpasang pada prototype akan membaca garis berwarna hitam yang terpasang pada terminal di setiap meja. Alat pengantar makanan akan berhenti sesuai dengan nomor meja yang telah ditentukan pada pengaturan awal dan akan kembali ke posisi awal setelah makanan diantarkan dengan menekan push button back. Hasil pengujian menunjukkan bahwa alat yang dirancang dapat mengantarkan makanan sesuai dengan instruksi yang diberikan.

References

A. I. Pawelloi, A. Amir, & A. Pratama. “Perancangan Sistem Buka Tutup Pintu Gerbang Dengan Menggunakan Kode Klakson Berbasis Arduino,” Jurnal MOSFET, vol. 1, no. 1, hlm. 20-23, 2021.

D. Aryani, I. J. Dewanto & A. Alfiantoro. “Prototype Alat Pengantar Makanan Berbasis Arduino Mega,” Petir: Jurnal Pengkajian dan Penerapan Teknik Informatika, vol. 12, no. 2, hlm. 242-250, 2019.

A. Saefullah, E. Sunandar & M. N. Rifai. “Prototipe Robot Pengantar Makanan Berbasis Arduino Mega Dengan Interface Web Browser,” Creative Communication and Innovative Technology Journal, vol. 10, no. 2, hlm. 269-279, 2017.

S. H. Ramadhan, S. Hadiyoso & Y. S. Hariyani. “Rancang Bangun Dan Implementasi Pada Sistem Panggilan Antrian Di Puskesmas Bojongsoang Berbasis Arduino,” eProceedings of Applied Science, vol. 3, no. 3, hlm. 1969-1978, 2017.

R. Ridarmin, F. Fauzansyah, E. Elisawati & E. Prasetyo. “Prototype robot line follower Arduino Uno menggunakan 4 sensor TCRT5000,” Informatika, vol. 11, no. 2, hlm. 17-23, 2019.

M. A. Wibowo, F. Hunaini & D. U. Effendy. “Perancangan dan Pembuatan Purwarupa Line Follower Forklift,” Widya Teknika, vol. 26, no. 2, hlm. 194-206, 2018.

Published
2021-08-06
Section
Articles