Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Artikel belum pernah diterbitkan atau tidak sedang dalam proses dimuat dalam jurnal ilmiah yang lain.
  • File dikirim dalam format file Microsoft Word (.doc atau .docx)
  • Alamat URL untuk referensi yang digunakan harus tersedia dan dapat diakses.
  • Naskah ditulis sesuai dengan template Jurnal Mosfet yang dapat diunduh pada link berikut ini :
  • Naskah yang disubmit memenuhi format dan gaya penulisan yang diuraikan dalam Panduan Penulis (Author Guideliness)
  • Naskah yang dikirim pada bagian peninjauan sejawat (peer-review), petunjuk untuk memastikan naskah diproses dengan Blind Review telah dipahami
  • Referensi dan sitasi dilakukan dengan menggunakan referensi aplikasi seperti mendeley, zotero, dll

Author Guidelines

Persyaratan Umum

  1. Artikel harus berupa tulisan asli yang merupakan hasil penelitian dan peninjauan/ulasan (review) yang belum pernah atau tidak sedang dalam proses dimuat dalam jurnal ilmiah yang lain.
  2. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia yang berpedoman pada Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia dan Ejaan yang Disempurnakan (EYD) dan berpedoman pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).
  3. Naskah yang disubmit paling sedikit 4 halaman dan tidak lebih dari 16 halaman dengan menggunakan format dokumen Microsoft Word. Naskah yang disusun menggunakan Mendeley atau Zotero sebagai manajemen sitasi dan referensi dengan style IEEE.
  4. Naskah diketik rapi berjarak 1 spasi dengan huruf Book Antiqua pada kertas ukuran A4 mengikuti template JURNAL MOSFET yang telah disediakan
  5. Ditulis singkat, informatif, dan deskriptif (max. 15 kata) tanpa akronim dan singkatan, penulisan huruf kapital pada setiap awal kata, dicetak tebal dengan huruf 20 pt. Ditulis dalam bahasa Indonesia
  6. Nama penulis ditulis tanpa gelar akademik, dicetak tebal dengan huruf besar kecil dengan huruf 11 pt dan diletakkan pada bagian tengah. Nama penulis pertama, kedua, dan ketiga ditulis secara berurutan pada baris yang sama.
  7. Afiliasi penulis (Program Studi, Fakultas dan Universitas), Alamat afiliasi (Kota, Negara), dan email penulis dicantumkan secara berurutan dengan baris yang berbeda di bawah nama penulis. Ditulis dengan ukuran huruf 9 pt dan diletakkan pada bagian tengah, penulisan email dicetak miring.
  8. Abstract atau Abstrak. Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan dibawahnya dalam bahasa Indonesia. Merupakan sari tulisan, meliputi latar belakang singkat, tujuan, hasil dan kesimpulan dalam kalimat-kalimat yang ringkas dan padat, sebaiknya tidak kurang dari 100 kata, dan tidak lebih dari 200 kata (dalam bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris).
  9. Keywords atau kata kunci. Keywords/kata kunci ditulis langsung sesudah abstract/abstrak pada baris baru dimulai dari tepi kiri. Kata kunci paling banyak 5 kata dan dipisahkan dengan koma.
  10. Penulis disarankan menyajikan naskah dengan struktur : Pendahuluan, Metodologi Penelitian, Hasil dan Pembahasan, dan Simpulan
  11. Pendahuluan mencakup latar belakang, isu atau permasalahan, pendekatan atau solusi pemecahan masalah yang akan diterapkan yang disertai dengan hasil kajian literatur dan dapat menampilkan kebaruan dari penelitian atau inovasi yang dilakukan.
  12. Metodologi Penelitian memuat bahan utama yang digunakan dalam penelitian dan metode yang digunakan dalam pemecahan masalah. Metodologi Penelitian mencakup tempat, waktu, rancangan penelitian, prosedur penelitian, teknik pengambilan data, teknik pengujian.
  13. Hasil dan Pembahasan, menyajikan hasil penelitian dalam bentuk grafik, tabel dan gambar yang didapatkan dari hasil-hasil penelitian. Pada bagian pembahasan penulis memaparkan hasil pengolahan data dan hasil penelitian secara logis, mengaitkan dengan sumber rujukan yang relevan.
  14. Simpulan berisi tentang ringkasan hasil penelitian atau hasil temuan yang dijelaskan pada bagian “Hasil dan Pembahasan” sesuai dengan harapan pada hipotesis atau tujuan penelitian yang dipaparkan pada “Pendahuluan”. Selain itu juga dapat ditambahkan prospek pengembangan hasil penelitian (berdasarkan hasil dan pembahasan). Simpulan disajikan dalam bentuk paragraph.
  15. Ucapan Terima Kasih. Ucapan Terima Kasih dibuat sebagai ungkapan terima kasih kepada pihak yang membantu penelitian, penelaah naskah, atau penyedia dana penelitian.
  16. Referensi, memuat semua pustaka yang digunakan di dalam naskah. Referensi disusun dengan Menulis Sumber Kutipan Menggunakan Format IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) untuk mengutip referensi.
  17. Naskah yang ditulis diharapkan menggunakan minimal 15 sampai 30 referensi, diutamakan referensi dari Kutipan buku teks harus diminimalkan dan kutipan dari halaman web harus dihindari. Semua artikel / jurnal yang dikutip harus direferensikan dalam naskah.
  18. Setiap kutipan harus ditulis dengan angka dalam tanda kurung siku. Misalnya, kutipan pertama [1], kutipan kedua [2], dan kutipan ketiga dan keempat [3,4]. Saat mengutip beberapa sumber sekaligus, metode yang digunakan adalah mencantumkan setiap nomor secara terpisah, dalam tanda kurung sendiri, menggunakan koma atau tanda hubung di antara nomor, seperti: [1], [3], [5] atau [4-8] . Tidak perlu menyebutkan nama penulis, halaman yang digunakan, atau tanggal publikasi dalam kutipan dalam teks.

Contoh kutipan dalam teks:

  • Teori ini pertama kali dikemukakan pada tahun 1980 [9]. "
  • Sutikno [10] berpendapat bahwa ...
  • Beberapa penelitian terbaru [7], [9], [11-15] telah menyarankan bahwa ....
  • ... akhir baris untuk penelitian saya [16].

Contoh Penulisan Referensi :

Beberapa contoh referensi dengan kategori yang berbeda ditampilkan pada bagian Referensi berikut ini:

    • Contoh Buku Pada [1]
    • Contoh Buku Berseri Pada [2]
    • Contoh Artikel Di Dalam Jurnal Pada [3]
    • Contoh Makalah Dalam Seminar/Konferensi Pada [4]
    • Contoh Paten Pada [5]
    • Contoh Situs Pada [6]
    • Contoh Halaman Web Pada [7]
    • Contoh Manual Databook Pada [8]
    • Contoh Datasheet Pada [9]
    • Contoh Tesis Magister Pada [10]
    • Contoh Laporan Teknis Pada [11]
    • Contoh Standard Pada [12]

[1] M. Metev dan V. P. Veiko. Laser Assisted Microtechnology, 2nd ed., R. M. Osgood, Jr., Ed. Berlin, Germany: Springer-Verlag, 1998, hlm.12-34.

[2] Breckling, Ed. The Analysis of Directional Time Series: Applications to Wind Speed and Direction, ser. Lecture Notes in Statistics. Berlin, Germany: Springer, 1989, vol. 61.

[3] Zhang, C. Zhu, J. K. O. Sin, dan P. K. T. Mok. “A novel ultrathin elevated channel low-temperature poly-Si TFT,” IEEE Electron Device Lett., vol. 20, hlm. 569–571, Nov 1999.

[4] Wegmuller, J. P. von der Weid, P. Oberson, dan N. Gisin. “High resolution fiber distributed measurements with coherent OFDR,” dalam Proc. ECOC’00, 2000, paper 11.3.4, hlm. 109.

[5] E. Sorace, V. S. Reinhardt, dan S. A. Vaughn. “High-speed digital-to-RF converter,” U.S. Patent 5 668 842, 16 Sep 1997.

[6] Calmer. (1999, 1 Juni). Engineering and Art. (2nd edition). [Daring]. 27(3). Tersedia: www.enggart.com/examples/students.html [21 Mei 2003]

[7] Paul. (Okt 1987). “Electrical properties of flying machines.” Flying Machines. [Daring]. 38(1), hlm. 778-998. Tersedia: www.flyingmachjourn/properties/fly.edu [1 Des 2003]

[8] FLEXChip Signal Processor (MC68175/D), Motorola, 1996.

[9] “PDCA12-70 data sheet,” Opto Speed SA, Mezzovico, Switzerland.

[10] Karnik. “Performance of TCP congestion control with rate feedback: TCP/ABR and rate adaptive TCP/IP,” M. Eng. thesis, Indian Institute of Science, Bangalore, India, Jan 1999.

[11] Wireless LAN Medium Access Control (MAC) and Physical Layer (PHY) Specification, IEEE Std. 802.11, 1997.

[12] Bart. “Going Faster.” Globe and Mail (14 Okt 2002), sec. A hlm.1.

Privacy Statement

PERNYATAAN PRIVASI

Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau pihak lain mana pun.

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.