Perancangan Sistem Buka Tutup Pintu Gerbang Dengan Menggunakan Kode Klakson Berbasis Arduino

  • A. Irmayani Pawelloi Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Ashadi Amir Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Ansyar Pratama Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: pintu gerbang, klakson, sensor suara, Arduino

Abstract

Sistem buka tutup pada pintu gerbang konvensional dilakukan secara manual dengan menggeser, membuka atau menutup. Seiring dengan perkembangan teknologi, pintu gerbang dapat dibuka dan ditutup secara otomatis. Pada penelitian ini dirancang sebuah sistem buka tutup pintu gerbang yang dapat dikendalikan menggunakan kode klakson berbasis arduino. Komponen yang digunakan untuk perancangan sistem ini adalah ardiuno nano, sensor suara, motor driver dan motor stepper. Pengujian dilakukan untuk mengetahui jarak maksimum sensor dapat merespon dan mengenali kode klakson yang diberikan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sensor dapat merespon bunyi klakson yang diberi kode khusus 3 bip dengan nilai kode klakson 121 24 106 22 97 pada jarak maksimum 150 cm. Respon sensor terhadap bunyi klakson akan diproses oleh arduino untuk memberikan perintah ke motor driver untuk menggerakkan motor stepper pada pintu gerbang. Sehingga pintu gerbang akan terbuka secara otomatis. Jika kode pada bunyi klakson tidak mencapai nilai dari kode klakson yang telah disimpan maka, pintu gerbang tidak akan bergerak.

References

M. Ngafifi. “Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia dalam Perspektif Sosial Budaya,” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, vol. 2, no. 1, hlm. 33-47, 2014.

Fitri dan Y. Setiawan. “Rancang Bangun Buka Tutup Pintu Pagar Rumah Menggunakan Remote Control Wireless RF315,” Jurnal SISFOKOM, vol. 4, no. 2, hlm. 49-53, September 2015.

A Syofian. “Pengendalian Pintu Pagar Geser Menggunakan Aplikasi Smartphone Android dan Mikrokontroler Arduino melalui Bluetooth,” Jurnal Teknik Elektro ITP, vol. 5, no. 1, hlm. 45-50, Januari 2016.

M. R. Saifuddin dan S. Winardi. “Pintu Pagar Otomatis dengan Kontrol Suara berbasis Smartphone Android,” Jirnal LINK, vol. 22, no. 1, hlm. 37-43, Februari 2015.

A Asni, A. F. S. Rahman, dan M. Mursyid. “Rancang Bangun Buka Tutup Pintu Otomatis Menggunakan Pengenalan Isyarat Tutur,” SNITT – Politeknik Negeri Balikpapan, 2017.

F. Leonard. “Analisis Tingkat Kekuatan Bunyi Klakson Kendaraan Ringan (Angkutan Umum Pete-Pete) di Kota Makassar,” Skripsi, Universitas Hasanuddin, Makassar, Indonesia, 2014

Published
2021-01-28
Section
Articles