Perancangan Alat Penimbang Beras Digital dengan Masukan Berat dan Harga Berbasis Mikrokontroler

  • Muhammad Naim Akademi Teknik Soroako
  • Ahmad Fasaldi Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: berat, beras, timbangan, mikrokontroler, load cell

Abstract

Pedagang di pasar masih menggunakan sistem penimbangan beras secara manual. Metode ini dianggap kurang efisien dan masih sering terjadi kesalahan pengamatan dalam proses penentuan berat beras. Pada penelitian ini dirancang sebuah alat timbangan beras secara digital berbasis mikrokontroler. Perangkat ini menggunakan sensor load cell untuk mengetahui berat dari beras. Sistem ini bekerja dengan memasukkan berat atau harga beras dengan menggunakan keypad, selanjutnya motor stepper akan bergerak untuk membuka katup sehingga beras akan turun pada wadah yang telah ditentukan. Katup akan tertutup apabila pembacaan berat pada sensor load cell sama dengan nilai berat atau harga yang telah dimasukkan. Pengujian dilakukan dengan memberikan beberapa input berat dan input harga pada alat penimbang beras. Hasil pengujian menunjukkan bahwa rata-rata error yang didapatkan pada pengujian dengan input berat sebesar 1,06%. Sedangkan pada pengujian dengan menggunakan input harga, rata-rata error yang didapatkan sebesar 1,16%.

References

A. Rohman & A. D. Maharani. “Proyeksi Kebutuhan Konsumsi Pangan Beras di Daerah Istimewa Yogyakarta,” Caraka Tani: Journal of Sustainable Agriculture, vol. 32, no. 1, hlm. 29-34, 2017.

K. Munzir, A. Mufti & A. Rahman. “Perancangan Sistem Pengukuran Massa pada Pengemasan Gabah Berbasis Mikrokontroler ATmega328p,” Jurnal Komputer, Informasi Teknologi, dan Elektro, vol. 4, no. 4, hlm. 38-45, 2019.

R. Alhadid. “Perancangan dan Pembuatan Prototype Pengantongan dan Penimbangan Beras Otomatis Berbasis Arduino Uno”. Diploma Thesis. Universitas Negeri Padang, Indonesia, 2017.

A. Zainuri. “Prototipe Penimbang Gula Otomatis Menggunakan Sensor Berat Berbasis ATmega16”. Skripsi. Universitas Brawijaya, Indonesia, 2014.

A. H. Lutfiyanto. “Rancang Bangun Pintu Wahana Otomatis Menggunakan Sensor Ultrasonik HC-SR04 sebagai Pengukur Tinggi Badan dan Sensor Load Cell Dilengkapi dengan Hx711 Sebagai Pengukur Berat Badan berbasis Arduino Mega 2560”. Laporan Akhir. Universitas Diponegoro, Indonesia, 2017.

Published
2021-09-18
Section
Articles