PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA.5 SMA NEGERI 1 PAREPARE

  • S Susanti Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: Hasil Belajar Biologi, Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMA Negeri 1 Parepare, menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar biologi peserta didik Kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Parepare yaitu 48, tidak mencapai KKM 76.  Tujuan penelitian adalah untuk menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning serta mengetahui peningkatan hasil belajar Biologi peserta didik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik Kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Parepare semester ganjil Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 35 orang. Penelitian ini mengunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan pelaksanaan meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil belajar biologi meningkat melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada peserta didik Kelas  XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Parepare yang dapat dilihat dari meningkatnya hasil belajar biologi peserta didik mulai siklus I sampai siklus II ditinjau dari rata-rata skor siklus I yaitu 66,53 meningkat pada siklus II yaitu 82,62 serta meningkatnya rata-rata aktivitas belajar peserta didik yang sesuai dengan pembelajaran dari siklus I yaitu 63% menjadi 91% pada siklus II.

Published
2019-04-17