PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA.5 SMA NEGERI 1 PAREPARE
Abstract
Berdasarkan hasil observasi di SMA Negeri 1 Parepare, menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar biologi peserta didik Kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Parepare yaitu 48, tidak mencapai KKM 76. Tujuan penelitian adalah untuk menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning serta mengetahui peningkatan hasil belajar Biologi peserta didik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik Kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Parepare semester ganjil Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 35 orang. Penelitian ini mengunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan pelaksanaan meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil belajar biologi meningkat melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada peserta didik Kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Parepare yang dapat dilihat dari meningkatnya hasil belajar biologi peserta didik mulai siklus I sampai siklus II ditinjau dari rata-rata skor siklus I yaitu 66,53 meningkat pada siklus II yaitu 82,62 serta meningkatnya rata-rata aktivitas belajar peserta didik yang sesuai dengan pembelajaran dari siklus I yaitu 63% menjadi 91% pada siklus II.
License & Copyright
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Indonesian Journal of Biology Instruction (IJBI) and Departement of Biology Education, Universitas Muhammadiyah Parepare as publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Indonesian Journal of Biology Instruction (IJBI) and Departement Biology Education, Universitas Muhammadiyah Parepare, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Journal Indigenous Biological Education are the sole and responsibility of their respective authors and advertisers.
Users of this website will be licensed to use materials from this website following the Creative Commons Attribution 4.0 International License. No fees charged. Please use the materials accordingly.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.