PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MELALUI TEAMS GAMES TOURNAMENT

  • Nuraeni Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: Hasil Belajar Biologi, Teams Games Tournament, Classroom Action Research

Abstract

Hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA 4 di SMA Negeri 4 Enrekang menunjukkan nilai rata-rata lebih rendah dari Kreteria Ketuntasan Minimal, maka dibutuhkan penelitian tindakan kelas untuk memperbaiki proses pembelajaran melalui model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi melalui model pembelajaran TGT pada siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 4 Enrekang. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 4 Enrekang tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 35 orang. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu: (a) perencanaan, (b) tindakan, (c) observasi (d) refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa dan aktivitas guru, tes hasil belajar biologi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil belajar biologi meningkat melalui penerapan model pembelajarn TGT pada siswa kelas MIPA 4 SMA Negeri 4 Enrekang terlihat dari: (1) Meningkatnya skor rata-rata hasil belajar dari siklus I ke siklus II, yaitu 72,80 menjadi 88,71. (2) Meningkatnya nilai rata-rata aktivitas siswa yang sesuai pembelajaran pada siklus I 53,32 menjadi 67,14 pada siklus II, sedangkan aktivitas siswa yang tidak sesuai dengan pembelajarann pada siklus I 15,71 mengalami penurunan menajadi 5,71 pada siklus II.

Published
2020-03-15