PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MELALUI TEAMS GAMES TOURNAMENT
Abstract
Hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA 4 di SMA Negeri 4 Enrekang menunjukkan nilai rata-rata lebih rendah dari Kreteria Ketuntasan Minimal, maka dibutuhkan penelitian tindakan kelas untuk memperbaiki proses pembelajaran melalui model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi melalui model pembelajaran TGT pada siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 4 Enrekang. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 4 Enrekang tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 35 orang. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu: (a) perencanaan, (b) tindakan, (c) observasi (d) refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa dan aktivitas guru, tes hasil belajar biologi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil belajar biologi meningkat melalui penerapan model pembelajarn TGT pada siswa kelas MIPA 4 SMA Negeri 4 Enrekang terlihat dari: (1) Meningkatnya skor rata-rata hasil belajar dari siklus I ke siklus II, yaitu 72,80 menjadi 88,71. (2) Meningkatnya nilai rata-rata aktivitas siswa yang sesuai pembelajaran pada siklus I 53,32 menjadi 67,14 pada siklus II, sedangkan aktivitas siswa yang tidak sesuai dengan pembelajarann pada siklus I 15,71 mengalami penurunan menajadi 5,71 pada siklus II.
License & Copyright
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Indonesian Journal of Biology Instruction (IJBI) and Departement of Biology Education, Universitas Muhammadiyah Parepare as publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Indonesian Journal of Biology Instruction (IJBI) and Departement Biology Education, Universitas Muhammadiyah Parepare, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Journal Indigenous Biological Education are the sole and responsibility of their respective authors and advertisers.
Users of this website will be licensed to use materials from this website following the Creative Commons Attribution 4.0 International License. No fees charged. Please use the materials accordingly.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.