PENERAPAN MODEL PjBL dalam MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI MAN 2 PAREPARE

  • A Kadir Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: Proyek Based Learning, Pembelajaran Biologi, Hasil Belajar kognitif

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi dengan menerapkan model Proyek Based Learning (PjBL). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIA 2 MAN 2 Parepare semester gazal tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 29 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes berupa soal essai. Data yang diperoleh dari penelitian tindakan ini adalah data hasil belajar kognitif yang dianalisis menggunakan statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PjBL dapat meningkatkan hasil belajar biologi peserta didik dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata kelas 76,41 meningkat menjadi 85,38 pada siklus II, dan persentase ketuntasan hasil belajar kognitif secara klasikal mengalami peningkatan yaitu 65,5% pada siklus I meningkat menjadi 89,7% pada siklus II.

Published
2019-04-17