EFEKTIVITAS MANAJEMEN KELAS TERHADAP PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas manajemen kelas terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 8 Enrekang dan mengetahui kualitas keefektifan manajemen kelas terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan sifat penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di SMA Negeri 8 Enrekang Kecamatan Bungin Kabupaten Enrekang. Adapun subyek penelitian adalah kepala sekola, guru PAI, dan peserta didik kelas XI IPS II SMA Negeri 8 Enrekang tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang di gunakan adalah reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian yang didapatkan adalah (1). Efektifitas manajemen kelas telah memberi manfaat yang positif atau pengaruh signifikan, hal ini dapat dilihat dari terciptanya kedisiplinan peserta didik, media pembelajaran digunakan sesuai porsinya siswa termotivasi mengikuti pelajaran PAI, ruangan kelas tertata dengan baik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai harapan. (2). Kualitas manajemen kelas terhadap tujuan pembelajaran pendidikan agama Islam yang di terapkan oleh guru SMA Negeri 8 Enrekang telah terlaksana sesuai yang diharapkan, hal ini dapat dilihat dari hasilĀ pembelajaran atau dimana penerapan manajemen yang diterapkan akan tercipta Penggunaan manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam dengan baik