SIGNIFIKANSI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGHADAPI PEROBLEMATIKA REMAJA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0
Abstract
ABSTRAK
Signifikansi Pendidikan Agama Islam menghadapi problematika remaja era revolusi industri 4.0 adalah peran penting lingkungan dalam mendidik remaja sesuai dengan nilai-nilai Islam. Lingkungan remaja di Desa Bulo Wattang diharapkan dapat memberikan Pendidikan Agama Islam yang baik agar remaja menjadi generasi yang takwa dengan tetap berkembang di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun, realita yang terjadi adalah beberapa remaja tidak mendapatkan Pendidikan Agama Islam dengan sebagaimana mestinya, remaja justru mengalami berbagai problematika sebagai akibat dari terobosan revolusi industri 4.0. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian ini antara lain (1) Pendidikan Agama Islam di era revolusi industri 4.0 sangat penting. Pembinaan remaja melalui penanaman nilai-nilai ajaran Islam diharapkan dapat mengubah dan mengembangkan kepribadian anak sesuai dengan ajaran Islam sehingga remaja akan menggunakan teknologi sebagai instrument era revolusi industri 4.0 sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunnah. (2) Faktor pendukung Pendidikan Agama Islam menghadapi problematika remaja era revolusi industri 4.0 adalah Teknologi, Lingkungan Dukungan dari pemerintah setempat, Sarana dan Prasarana. Faktor penghambat antara lain Tema Dakwah yang Monoton dan Aktivitas Dakwah yang Kurang Inovatif, Kurangnya Perhatian Orang Tua, Lingkungan, Kurangnya Minat Remaja untuk Bersosialisasi dengan Masyarakat, Kebiasaan Buruk Anak yang Sulit diubah, Kurangnya Waktu yang dimiliki Orang Tua dalam Mendidik Anak, Kecenderungan Remaja dalam Pergaulan, Kurangnya Pengetahuan Agama Islam yang Dimiliki Oleh Orang Tua.