PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 12 PAREPARE
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Apakah ada pengaruh penerapan pendekatan saintifik dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 12 Parepare ditinjau dari perspektif pendidikan islam. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex-postfacto. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan pendekatan saintifik dalam meningkatkan hasil belajar PAI peserta didik di SMP Negeri 12 Parepare. Hal ini ditunjukkan Berdasarkan hasil analisis statistic Inferensial (Regresi Linear Sederhana) yaitu nilai signifikansi sebesar 0,030 < 0,05. Berdasarkan uji t , diketahui nilai thitung sebesar 2,310 > ttabel 1,710 jadi, HO ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik (Variabel X) berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar PAI peserta didik (Variabel Y) di SMP Negeri 12 Parepare dan Koefisien Determinasi (R Square) adalah 0,684. Kemudian berdasarkan hasil belajar akumulasi nilai UTS dan nilai UAS pada mata pelajaran PAI, terdapat 11 orang atau 73,3% nilai UTS dan UAS yang berada pada kategori tinggi, terdapat 16 orang pada nilai UTS dan UAS atau 106,7% nilai UTS dan UAS peserta didik berada pada kategori sedang dan 3 orang pada nilai UTS dan UAS atau 20% nilai UTS dan UAS peserta didik berada pada kategori rendahhasil dari nilai UTS dan UAS peserta didik dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar setelah penerapan pendekatan saintifik. Dengan nilai modus pada nilai UTS adalah 68,73% dan UAS sebesar 85% serta skor minimal dan maksimal pada nilai UTS dan UAS.