PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER HIZBUL WATHAN TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH PAREPARE

  • Fitria Nengsih UM Parepare
  • Rosmiati Ramli UM Parepare
  • Amiruddin Z Nur UM Parepare
Keywords: hizbul wathan, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini mengkaji  skripsi ini membahas apakah terdapat pengaruh kegiatan ekstrakurikuler hizbul wathan terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP Muhammadiyah Parepare. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan sifat penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian yang didapatka adalah tingkat pengaruh antara kedua variabel berada pada kategori sangat kuat yaitu 0.889. Koefisien Determinasi (R Square) adalah 0,789. Jadi Kontribusi kegiatan ektrakurikuler hizbul wathan terhadap hasil belajar PAI peserta didik adalah sebesar 78,9% selebihnya ditentukan oleh variabel lain. Kesimpulannya adalah ada pengaruh kegiatan  ekstrakurikuler  hizbul wathan  terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas VIII di SMP Muhammadiyah Parepare

Published
2020-10-30
Section
Articles