Pemberdayaan Anak Jalanan melalui Program Keterampilan Hidroponik di Rumah Belajar Cinta Damai Kota Parepare

  • Muhaimin Program Studi Pendidikan Nonformal, FKIP, Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Ihwan Ridwan Program Studi Pendidikan Nonformal, FKIP, Universitas Muhammadiyah Parepare
  • A Hasdiansyah Program Studi Pendidikan Nonformal, FKIP, Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: Anak Jalanan, Hidroponik, RBCD

Abstract

Anak jalanan merupakan suatu permasalahan sosial, dimana kehadiran mereka seringkali dianggap sangat buruk dan meresahkan masyarakat. Kehadiran anak jalanan masih dianggap sebagai permasalahan sosial yang patut untuk ditanggulangi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh suatu masalah pemberdayaan anak jalanan melalui program keterampilan di Rumah Belajar Cinta Damai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana gambaran pelaksanaan program penguatan anak jalanan melalui program kemampuan di RBCD dan untuk dampak program pemberdayaan anak jalanan di RBCD. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan deskriptif, dari hasil penelitian ditemukan bahwa Program keterampilan yang diberikan oleh RBCD dengan tujuan bahwa anak-anak dapat mengembangkan kapasitas mereka yang sebenarnya dan meningkatkan keterampilan mereka dan dapat benar-benar mempengaruhi pandangan dan perilaku anak-anak dengan cara yang bermanfaat. Program keterampilan hidroponik bagi anak-anak jalanan berdampak secara ekonomi, sosial, dan psikologi.

Kata Kunci: anak jalanan; hidroponik, RBCD, sosial

Published
2023-12-12
How to Cite
Muhaimin, Ihwan Ridwan, & A Hasdiansyah. (2023). Pemberdayaan Anak Jalanan melalui Program Keterampilan Hidroponik di Rumah Belajar Cinta Damai Kota Parepare. Continuing Learning Society Journal, 1(1), 36-44. Retrieved from https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/cls/article/view/2647
Section
Articles