Kompetensi Profesional Pamong Belajar dalam Penyusunan Perencanaan Pembelajaran di Sanggar Kegiatan Belajar
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang Kompetensi Profesional Pamong Belajar di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Bantaeng, . Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Kompotensi Profesional Pamong Belajar yang berusia 50 tahun di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Bantaeng Kabupaten Bantaeng dalam melakukan Program pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kompetensi Profesional Pamong Belajar dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pembuktian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sember dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompetensi profesional pamong belajar yang berusia 50 tahun di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Bantaeng dalam melakukan kegiatan pembelajaran ternyata telah menjalankan tugas profesionalnya yang terkait dengan komponen-komponen pembelajaran yaitu 1)Perencanaan Pembelajaran yang memuat penyusunan Rencana Program Pembelajaran RPP, Bahan ajar, dan Pedoman penilaian, 2)Pelaksanaan Pembelajaran yang memuat Metode mengajar yang tepat, Penggunaan waktu atau jadwal yang tepat, Penggunaan bahan ajar yang tepat, dan Penguasaan kelas saat mengajar. 3)Penilaian Pembelajaran yang memuat penilaian proses, penilaian akhir, dan membuat hasil penilaian. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pamong belajar yang berusia rata-rata 50 tahun di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Bantaeng masih menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pamong yang profesional.