Interaksi Hand Tracking Pada Objek Augmented Reality Menggunakan Unity
Abstract
Dengan memanfaatkan computer dapat membuat banyak produk berbasiskan teknologi salah satunya Augmented Reality. Pengolahan citra dilakukan pada proses pendekteksian gerakan tangan user, interaksi dari pengguna dengan objek virtual. Unity aplikasi pengembang game multiplatform untuk mempermudah penggunaannya. OpenCV library dari aplikasi unity perangkat lunak yang didedikasikan untuk pemrosesan animasi waktu nyata. Proses Hand tracking pertama segmentasi warna kulit dapat dideteksi menggunakan informasi dari tone warna, dimana frame yang di tangkap kamera kemudian mengkonversi warna tangan. Kemudian countors yang menggabungkan semua titik kontur menganalisis bentuk dan deteksi objek dan pengenalan. Convex Hull digambarkan dalam sebuah bidang sebagai pencarian subset dari himpunan titik pada bidang tersebut sehingga membentuk polygon yang konveks. Convexity defects fitur dalam OpenCV yang bertujuan untuk menemukan defect antara convex hull yang terbentuk dengan kontur. Cosine theorem yang menentukan hubungan yang dimiliki oleh segitiga antara Panjang sisi dan sudut. Centroid atau titik tengah telapak tangan dapat ditemukan setelah kita melakukan proses cosine theorem. Teknik pengujian dilakukan dengan menggunakan pengujian Black box dan white box. Setelah melakukan pengujian aplikasi, maka yang di peroleh pada aplikasi ini mampu mendeteksi tangan yang tampil dalam frame kamera dengan memanfaatkan library OpenCV dan menampilkan objek 3D.
References
N. M. Sudiartini, I. G. M. Darmawiguna, and I. M. G. Sunarya. (2018). Pengembangan Aplikasi Markerless Augmented Reality Balinese Story ‘Calon Arang. J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 13, no. 2, pp. 233– 242, 2018.
Q. Quraish, R. Kridalukmana, and K. T. Martono. (2017). Buku Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 4, no. 1, p. 102, 2017.
Deslianti. D, Sumarsih. (2019). Implementasi Metode Image Tracking Vuforia Pada Pengenalan Hewan Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. JSAI, Volume 2 Nomor 3 November 2019 ISSN: 2614-3062; E-ISSN: 2614-3054.
Chaerul Hamdah. AR. 2019. Aplikasi Augmented Reality Dengan Metode Marker Based Tracking untuk Memvisualisasikan Gedung-gedung Pada Kampus II Universitas Islam Negeri Alauddin Samata Gowa Vol. 8, No. 2, Oktober 2019,.
R. F. Raranta, A. Sinsuw, and B. A. Sugiarso. (2017). Pengenalan Teks pada Objek-Objek Wisata di Sulawesi Utara dengan Teknologi Augmented Reality. J. Tek. Inform., vol. 12, no. 1, pp. 2–6, 2017.
Y. Rizki. (2019). Markerless Augmented Reality Pada Perangkat Android. J. Tek. Elektro, vol. 4, no. August, pp. 1– 10, 2019.
Briyan Anugerah Pekerti. 2018. Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 2 Banyumas Pada Mata Pelajaran IPA Tata Surya Volume 3 No 1 Maret 2018, 82-86.
Imam dan Usep, 2019. Pemanfaatan Android Dalam Perancangan Aplikasi Kumpulan Doa. Komputika Jurnal Sistem Komputer 8(2):73-79.
Victor, 2018. Augmented Reality Sebagai Metafora Baru Dalam Teknologi Interaksi Manusia Dan Komputer. JURNAL SISTEM KOMPUTER - Vol.1, No.2, Oktober 2018, 60-64.
Jenifer, Steven dan Stanley, 2017. Perancangan Aplikasi Panduan Belajar Pengenalan Ortodonsia Menggunakan Animasi 3d. (JTI) , Vol 8, No 1 (2017).
Copyright (c) 2022 Rina Puspita, Sudirman Sahidin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.