Analisis Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Handphone China Dengan Menggunakan Metode Additive Ratio Assessment (Aras)
Abstract
Jumlah penjualan telepon seluler (ponsel) merek China beberapa tahun terakhir meningkat terus, seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk yang semakin meningkat. Karena banyaknya berbagai macam produk smartphone China kita perlu mengetahui tingkat kepuasan konsumen berdasarkan pengalaman mereka dalam memakai berbagai macam produk smartphone China sehingga dapat menghasilkan kesimpulan untuk mengetahui produk smartphone China yang banyak dan kurang diminati oleh karena itu pada penelitian ini bertujuan membuat perancangan Aplikasi Analisis Perangkingan Produk Handphone China Dengan Menggunakan Metode Aras( Additive Ratio Assessment). Metode penelitian yang digunakan adalah Field Research dan observasi. Alat bantu analisis dan perancangan aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman HTML, Javascript, CSS dan Visual Studio Code sebagai Text Editor. Sedangkan metode pengujian aplikasi terbagi atas dua, yaitu Blackbox untuk menguji fungsional aplikasi sesuai dengan Flowchart aplikasi. Dengan adanya aplikasi diharapkan mempermudah perangkingan produk handphone China Menggunakan metode ARAS, Dari Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi harga, persepsi variasi, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi trend dan minat beli. Persepsi harga, persepsi variasi, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi trend berpengaruh positif terhadap minat beli. Dikarena objek yang pada rata-rata memiliki jawaban yang sama sehingga jawaban dalam kuisoner relative menghasilkan pengaruh yang positif terhadap variabel depeden.
References
Azizah, A., & Widyastuti, A. Hubungan antara kepuasan konsumen dengan loyalitas merek pada pengguna kartu prabayar simpati. Jurnal Psikologi, 9(1), hlm,1-8, Mar 2019.
Cahyati, D. N. “Pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening: Studi pada konsumen produk Buccheri di Kota Kediri” (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim) vol. 3, hlm. 5–6, Agustus 2018.
Deisy, M., Lapian, S. J., & Mandagie, Y. “Analisis Citra Merek, Harga Produk Dan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Pada Seluruh Gerai–Gerai Seluler Di It Center Manado”. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4 hlm 12-15 Okt 2018).
Diantoro, A. “Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Layanan, dan Persepsi Nilai Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Mahasiswa Pengguna Handphone Xiaomi di Universitas Muhammadiyah Surakarta” (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta), vol. 10, no. 1, hlm. 1–10, Nov 2020.
Fata, K., Yunus, M., & Majid, M. S. A. “Pengaruh Harga, Citra Merek, dan Fitur terhadap Kepuasan Konsumen serta dampaknya pada Loyalitas Merek Handphone Samsung di Banda Aceh”. Jurnal Manajemen Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, hlm, 131-140, Okt 2020.
Heriyati, P., & Septi, S. “Analisis pengaruh brand image dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada handphone Nexian”. Journal of Business Strategy and Execution, 4(2), hlm 171-205, Juni 2020
Kurniawan, A. D., & Astuti, S. R. T. “Analisis Pengaruh Produk, Promosi, Harga Dan Tempat Terhadap Keputusan Pembelian”(Studi Pada Kedai Amarta Semarang). Diponegoro Journal of Management, 1(4), hlm 282-289, Nov 2018.
Made Novandri, S. N. “Analisis pengaruh kualitas produk, harga, dan iklan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha pada harpindo jaya cabang ngaliyan”. Skripsi: Universitas Diponegoro Semarang., vol. 3, no. 3, hlm. 194–201, Mar. 2022.
Putra, f. I. F. S. “Analisis komparasi kepuasan konsumen yang membeli smartphone china pada gerai resmi dan black market”. Jurnal manajemen dayasaing, 21(2), hlm. 79-87, Juli 2020.
Suharyanto, s. “Kualitas produk dan harga serta pengaruhnya terhadap kepuasan pengguna ponsel produk china” (kasus: persepsi mahasiswa universitas kebangsaan). Ensains journal, 2(3), hlm 155-166. Juni 2019.
Copyright (c) 2022 Hasnawati Hasnawati, Sri Astri Ainun Zaz Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.