EVALUASI MUTU PELAYANAN DAN KEPUASAAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT ANDI MAKKASAU KOTA PAREPARE

  • Haryanti Syukur Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Muhammad Siri Dangnga Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Makhrajani Majid Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: Pelayanan, loket, obat, pemeriksaan dokter, kepuasan pasien

Abstract

Pada dasarnya setiap pasien maupun keluarga pasien yang masuk ke sebuah tempat pelayanan kesehatan selalu berharap mendapatkan pelayanan kesehatan yang memuaskan. Mereka menginginkan kenyamanan dan keamanan, baik dari segi keadaan lingkungan, tempat pelayanan kesehatan, maupun dari segi sumber daya manusia yang sedang bertugas di tempat pelayanan kesehatan. Mereka juga menginginkan pelayanan yang diberikan secara efektif dan efisien mungkin, sehingga dapat memberikan kepuasan sendiri. Selain itu, mereka berharap petugas memberikan informasi yang jelas tentnag pelayanan kesehatan yang mereka akan dapatkan. Salah satu faktor yang paling dikeluhkan pasien adalah lambatnya petugas dalam memberikan pelayanan kesehatan, baik pada saat pasien mendaftar di loket/ kartu sampai dengan pemeriksaan dan pengambilan resep. Pemeriksaan pasien yang terlalu cepat dapat mengakibatkan ketidaktelitian dalam diagnosa. Selain itu, pasien merasa belum puas dalam mengungkapkan segala keluhannya yang berhubungan dengan penyakit itu. Sebaliknya, jika pemeriksaan pasien terlalu lama dapat menyebabkan pasien berikutnya akan merasa resah karena terlalu lama menunggu panggilan untuk diperiksa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lama waktu pelayanan loket, pemeriksaan dokter dan pelayanan obat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan survei. Data diperoleh dengan meggunakan stopwatch dengan kuesioner yang diisi oleh pasien, dimana yang menjadi sampel adalah pasien rawat inap yang merupakan pasien baru yang datang berobat di rumah sakit tersebut dengan teknik pengambilan sampel yaitu secara aksidental sampling. Hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pada pelayanan loket sleuruh responden telah mendapatkan pelayanan secara efisien, pada pemeriksaan dokter sebagian besar responden tidak mendaptkan pelayanan secara efisien dan pada pelayanan obat seluruh responden telah mendapatkan pelayanan secara efisien

Published
2021-01-31