Pengaruh Media Audiovisual Terhadap Pengetahuan Terkait Penandaan Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT)
Abstract
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan bahwa sekitar 75% remaja perempuan di dunia mengalami masalah menstruasi dengan 15% di antaranya mengalami gangguan yang memerlukan penanganan medis. Salah satu permasalahan yang menjadi penghalang perbaikan kondisi tersebut yaitu masih banyak remaja putri yang tidak mengetahui siklus menstruasi mereka sendiri. Oleh karena itu, penelitian ini hadir dengan melibatkan media audiovisual untuk peningkatan pengetahuan tentang penandaan Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) sebagai salah satu cara mendeteksi gangguan siklus menstruasi dan kebiasaan penunjang kesehatan reproduksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Bireuen. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Quasi eksperimen dengan rancangan one group pretest posttest design. Sampel penelitian berjumlah 115 orang. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner 21 pertanyaan mengenai pengetahuan dasar tentang HPHT yang terdiri dari pengertian, cara penandaan HPHT, manfaat penandaan HPHT bagi remaja. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh pemberian Media Audiovisual Terhadap Pengetahuan Terkait HPHT. Berdasarkan uji Wilcoxon didapatkan peningkatan yang signifikan dengan nilai p-value 0,001. Hal ini menggambarkan adanya perubahan yang bermakna antara pretest dan posttest terkait pengetahuan mengenai penandaan HPHT bagi remaja