Jurnal Nilai Pendidikan Islam dalam Al-Qur’an Surah Luqman 1-19
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah ‘Bagaimana nilai-nilai Pendidikan yang tertuang pada surah Lukman/31, ayat 1 sampai dengan 19’., Bagaimana penerapan kognisif, afektif, dan psikomotorik pada surah Lukman/31, ayat 1 sampai dengan 19 dan Bagaimana hasil Pendidikan dengan pendekatan kognisi, afektif, dan psikomotorik berdasarkan surah Lukman/31, ayat 1 sampai dengan 19. Hasil penelitian diperoleh bahwa: Nilai–nilai yang tertuang pada surah Lukman meliputi nilai pendidikan tauhid, pendidikan akhlak dan pendidikan ibadah dan materi tentang pendidikan sosial., serta Penerapan kognitif, afektif dan psikomotorik dalam surah Lukman diketahui bahwa: Luqman adalah orang yang saleh yang diberi hikmah oleh Allah SWT berupa ilmu pengetahuan. Baik dalam pengetahuan, pemahaman, benar dalam perkataan dan perbuatan sehingga ia dikenal dengan Lukman al-Hakim orang yang bijaksana, Sikap bijak Luqman ditunjukkan dengan menerapkan rasa syukur kepada Allah SWT, senantiasa memberikan nasehat atau mendidik anaknya yang mencakup materi tentang pendidikan akidah, syari’ah dan pendidikan akhlak.
Kata Kunci : Nilai, Pendidikan Islam, Surah Luqman