Jurnal Evaluasi Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis TIK

  • Abdullah/Andi Abd. Muis
Keywords: Evaluasi, Kompetensi, Pembelajaran PAI, Berbasis TIK.

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) pada SMP Negeri  Kec.Bacukiki Barat  kota parepare, jika dianalisis kompetensinya mulai dari kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional, dapat dikemukakan bahwa sebagian guru PAI yang ada telah memiliki kompetensi yang cukup, tetapi masih perlu ditingkatkan agar lebih optimal. Bentuk implementasi kompetensi pedagogik adalah guru Pendidikan Agama Islam (PAI) menggunakan berbagai metode dalam pembelajaran yang disesuaikan dengan tujuan pembelajaran dan guru PAI memberikan buku pegangan kepada peserta didik yang berisi tentang kegiatan sehari-hari yang mendukung peningkatan iman dan akhlak peserta didik. Bentuk implementasi kompetensi kepribadian adalah guru PAI senantiasa berpakaian yang rapi serta bertutur kata yang baik kepada sesama guru, peserta didik, dan kepada orang-orang yang berinteraksi dengannya serta perhatian guru PAI terhadap lingkungan kelas diwujudkan dalam bentuk kebersihan kelas. Bentuk implementasi kompetensi sosial guru PAI adalah mampu berkomunikasi dengan peserta didik, baik di kelas maupun  di luar kelas, dan guru PAI terlibat aktif dalam kegiatan masyarakat secara umum maupun dalam kegiatan keagamaan. Bentuk implementasi kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam (PAI)  dalam pembelajaran pendidikan agama Islam adalah membantu  peserta didik yang memiliki masalah atau kesulitan dalam belajar.  

Kata Kunci : Evaluasi, Kompetensi, Pembelajaran PAI, Berbasis TIK.

Published
2020-03-05
Section
Articles