Jurnal Diagnosis Kesulitan Belajar Pendidikan Agama Islam dan Solusinya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh peserta didik dalam belajar bidang studi pendidikan agama Islam (PAI), mengetahui kesulitan belajar yang dialami peserta didik pada bidang studi pendidikan agama Islam (PAI), dan Mengemukakan solusi yang dilakukan dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik pada bidang studi pendidikan agama Islam (PAI) di SD 265 Assorajang Kabupaten Wajo. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, Kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh peserta didik dalam belajar bidang studi PAI di SD 265 Assorajang Kabupaten Wajo disebabkan karena kurang minat, kurang menariknya pelajaran disebabkan karena metode pendidik, dan media serta buku-buku pelajaran serta jam pelajaran yang kurang. Faktor yang menimbulkan kesulitan belajar peserta didik pada bidang Studi Pendidikan agama Islam di SD 265 Assorajang Kabupaten Wajo karena Siswa Belum Bisa Membaca Huruf Arab, Kurang Adanya Perhatian dari Orang Tua Peserta Didik, tidak berfungsinya proses belajar, kurang memahami materi ajar yang diberikan dan sebagainya. Solusi yang dilakukan dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik pada bidang studi PAI di SD 265 Assorajang Kabupaten Wajo dengan mengamati hal-hal yang menjadi penyebab dari kesulitan belajar lalu kemudian mengatasi sesuai dengan akar permasalahan dengan menggunakan strategi yang membuat peserta didik tidak merasa tertekan sehingga penanganannya dapat mengenai sasaran dengan tepat.
Kata Kunci : Diagnosis, Kesulitan Belajar, Solusi Belajar