ISTIQRA' PENINGKATAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK MATERI KITAB - KITAB ALLAH SWT MELALUI MODEL KOOPERATIFE TIPE MIND MAPPING DI KELAS IV SDN KECIL DEAKAJU KABUPATEN ENREKANG

  • ISTIQRA
Keywords: Pemahaman, Kitab-Kitab Allah swt, Model Kooperatife Tipe Mind Mapping

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana Peningkatan Pemahaman Peserta Didik Materi Kitab-Kitab Allah Swt Melalui Model Kooperatife Tipe Mind Mapping Di Kelas IV SD Negeri Kecil Deakaju Kabupaten Enrekang. Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui tentang pemahaman peserta didik dengan menggunakan model Kooperatife Tipe Mind Mapping khususnya di kelas IV SD Negeri Kecil Deakaju Kabupaten Enrekang. Sebagai penyempurna penelitian ini, penulis menggunakan jenis Penelitian metode Penilitian Tindakan Kelas Studi Khasus kualitatif dengan melalui dua tahapan siklus, Dengan teknik dan alat pengumpulan data; observasi, dokumentasi dan tes. Dengan teknik analisis; reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan skor observasi aktivitas guru dan peserta didik mengalami peningkatan yaitu pada siklus I hasil observasi aktivitas guru sebesar 85 meningkat pada siklus II sebesar 93. Hasil observasi aktivitas peserta didik sebesar 74 pada siklus I dan meningkat pada siklus II sebesar 97. Hasil data tersebut menjadi bukti bahwa proses pembelajaran guru dan peserta didik dapat menerapkan Model Kooperatif Tipe Mind Mapping untuk meningkatkan pemahaman materi Kitab-Kitab Allah swt dengan baik. Pada pra siklus sebesar 18,75% meningkat menjadi 44% pada siklus I dan meningkat menjadi 100% pada siklus II. Rata-rata pemahaman pada siklus I sebesar 64 menjadi 90,5 pada siklus II. Kata Kunci: Pemahaman, Kitab-Kitab Allah swt, Model Kooperatife Tipe Mind Mapping
Published
2025-09-19