ISTIQRA' PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDEN OUT SIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI KECIL DEAKAJU KABUPATEN ENREKANG
Keywords:
Peningkatan hasil belajar, Penerapan Model Pembelajaran Insiden Out Side Circle
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang keterlibatan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada peserta didik Kelas V SDN Kecil Deakaju Kabupaten Enrekang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada peserta didik Kelas V SDN Kecil Deakaju yang masih di bawah KKM. Oleh karena itu, bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam?, Bagaimana hasil belajar Pendidikan Agama Islam dengan penerapan Model Pembelajaran Insident Out Side Circle pada siswa kelas V SDN Kecil Deakaju? Serta kelebihan dan kekurangan Model Pembelajaran Insident Out Side Circle? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskripsi dengan pendekatan Teologis Normatif, Paedagogis, dan Pisikologis, menggunakan tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi wawancara, dan dokumen. Tehnik analisis data dengan menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Insiden Out Side Circle dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yakni peserta didik belajar berbagi informasi dalam bentuk lingkaran kecil dan lingkaran besar dengan berpasangan. Hasil belajar Pendidikan Agama Islam Mengenal Tanda-tanda Hari Akhir menggunakan Model Pembelajaran Insiden Out Side Circle pada peserta didik meningkat terlihat dari data hasil observasi dan wawancara dengan guru Pendidikan Agama Islam dan Peserta didik, yang dilaksanakan selama dua siklus. Siklus ke-I rata-rata hasil belajar peserta didik 69, 44 dengan ketuntasan 61%. Kemudian pada siklus ke-II rata-rata ketuntasan hasil belajar peserta didik 90,55 dengan ketuntasan 100%. kelemahan Model Pembelajaran Insiden Out Side Circle yaitu ruangan menjadi rebut dan membutuhkan ruang yang besar dalam pelaksanaannya, namun kendala tersebut dapat diatasi karena kelebihannya Model Pembelajaran Insiden Out Side Circle dapat meningkatkan daya ingat peserta didik. Kata Kunci: Peningkatan hasil belajar, Penerapan Model Pembelajaran Insiden Out Side Circle
Published
2025-09-19
Section
Articles