ISTIQRA' PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK MELAKSANAKAN SHALAT BERJAMAAH DI SD NEGERI KECIL DEAKAJU KABUPATEN ENREKANG
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang keterlibatan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan Kedisiplinan peserta didik dalam Melaksanakan Shalat Berjamaah di SD Negeri Kecil Deakaju Kabupaten Enrekang. Penelitian ini dilator belakangi oleh peserta didik yang belum disiplin dalam mengikuti shalat berjamaah, oleh karena itu bagaimana guru Pendidikan Agama Islam dapat menciptakan kedisiplinan, meminimalisir pelanggaran terutama dalam kegiatan shalat berjamaah di sekolah yang memang wajib bagi peserta didik. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan Kedisiplinan peserta didik dalam Melaksanakan Shalat Berjamaah di SD Negeri Kecil Deakaju
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik dalam melaksanakan shalat berjamaah di SD Negeri Kecil Deakaju Kabupaten Enrekang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. untuk pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, yang kemudian dilakukan prosedur analisis data.
Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam melaksanakan shalat berjamaah di SD Negeri Kecil Deakaju sangat berperan dan dapat meningkatkan kedisiplinan peserta didik dalam melaksanakan shalat berjamaah yaitu guru berperan sebagai pemimpin, motivator, fasilitator, tutor, dan guru sebagai orang tua yang menjadi panutan yang memperkuat kedisiplinan peserta didik. 2. Kiat-kiat yang diterapkan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kedisiplinan peserta didik dalam Melaksanakan Shalat Berjamaah di SD Negeri Kecil Deakaju seperti menentukan jadwal shalat berjamaah, melakukan presensi peserta didik, dan melaksanakan tindak lanjut sudah berjalan dengan baik. 3. Faktor Pendukung Dan Penghambat dalam meningkatkan kedisiplinan Peserta didik dalam melaksanakan Salat Berjamaah di SD Negeri Kecil Deakaju adalah tersedianya sarana yang memadai disekolah, adanya aturan yang diterapkan guru sehingga peserta didik menaati aturan dan antosias dalam mengikuti shalat berjamaah serta adanya kerjasama antara guru serta kerjasama dari orang tua untuk mengontrol peserta didik melaksanakan shalat berjamaah di Rumah. Kemudian faktor penghambatnya seperti masih adanya peserta didik yang belum mempunyai kesadaran untuk melaksanakan shalat berjamah. Dari hambatan tersebut telah dilaksanakan pengawasan dari guru dan orang tua peserta didik dalam pembiasaan melaksanakan shalat berjamaah secara aktif.
Kata Kunci: Guru Pendidikan Agama Islam, Kedisiplinan Peserta Didik