ISTIQRA' PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPCART DALAM MENGENAL ASMAUL HUSNA PADA PESERTA DIDIK SD NEGERI KECIL DEAKAJU KABUPATEN ENREKANG
Abstract
Media pembelajaran Flipcart adalah alat visual berupa lembaran kertas besar yang dapat dibalik, dirancang untuk menyampaikan pengetahuan secara visual dan sistematis. Penerapan media pembelajaran Flipcart untuk pengenalan Asmaul Husana pada siswa di Sekolah Dasar Deakaju, Kabupaten Enrekang.
Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kuantitatif untuk menilai pemahaman siswa kelas dua terhadap media pembelajaran Flipcart di Sekolah Dasar Deakaju, Kabupaten Enrekang.
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Flipcart meningkatkan pemahaman siswa melalui penerapannya. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara metodis sesuai prosedur yang telah ditetapkan. Nilai rata-rata sebelum intervensi adalah 40, sedangkan nilai maksimumnya adalah 80, dengan tingkat ketuntasan belajar hanya 33,3%. Peningkatan hasil belajar siswa menunjukkan bahwa rata-rata persentase ketuntasan belajar pada pra-siklus adalah 33,3%, meningkat menjadi 53% pada siklus pertama, dan selanjutnya meningkat menjadi 93,3% pada siklus kedua. Peningkatan rata-rata persentase ketuntasan pembelajaran klasikal, ditambah dengan pencapaian kriteria keberhasilan ≥90%, menunjukkan bahwa penggunaan Media Pembelajaran Flipcart meningkatkan pemahaman siswa terhadap Asmaul Husna.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Flipcart, Mengenal Asmaul Husna