ISTIQRA' Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam

  • ISTIQRA
Keywords: Karakter tanggung jawab, tahfidz Al-Qur’an, santri, pondok pesantren

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana implementasi program pembelajaran tahfidz Al-Qur’an dapat membentuk karakter tanggung jawab pada santri kelas VII di Pondok Pesantren Umar bin Abdul Aziz Rumbo, Kabupaten Enrekang. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada fenomena menurunnya karakter tanggung jawab di kalangan remaja, yang menuntut adanya upaya pembinaan karakter melalui pendidikan berbasis nilai-nilai keislaman.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) program pembelajaran tahfidz Al-Qur’an pada santri kelas VII telah berjalan dengan baik, baik pertemuan rutin formal di dalam kelas maupun pertemuan halaqah subuh, tetapi belum maksimal dalam membentuk karakter tanggung jawab. 2) Program tahfidz pada kelas VII berperan dalam menumbuhkan karakter tanggung jawab santri apabila berkaitan langsung dengan kegiatan menghafal Al-Qur’an tersebut melalui kedisiplinan, pembiasaan muraja'ah, serta keterlibatan aktif dalam target hafalan yang telah ditentukan. Akan tetapi program tersebut belum signifikan dalam membentuk karakter tanggung jawab santri yang tidak berkaitan langsung dengan kegiatan hafalan Al-Qur’an seperti menjaga kebersihan lingkungan pondok. 3) Kendala yang dihadapi antara lain adalah program hafalan hanya fokus pada kuantitas jumlah hafalan, motivasi belajar santri yang fluktuatif, perbedaan kemampuan santri dalam menghafal, serta lingkungan yang belum sepenuhnya mendukung karena rasio antara jumlah pembina dan santri yang masih belum seimbang.

 

Kata Kunci: Karakter tanggung jawab, tahfidz Al-Qur’an, santri, pondok pesantren

Published
2025-09-17