ISTIQRA' Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam

  • ISTIQRA
Keywords: Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam, Media Audio Visual

Abstract

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, bentuk penerapan media pembelajaran audio-visual dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IV UPT SDN 118 Kotu Kabupaten Enrekang telah memberikan dampak positif terhadap pemahaman dan minat belajar peserta didik. Penggunaan berbagai media seperti video pembelajaran, audio murottal Al-Qur'an, nasyid, presentasi interaktif, serta simulasi praktik ibadah membantu siswa memahami konsep keislaman secara lebih konkret dan menarik. Penerapan metode ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar, terlihat dari perkembangan nilai peserta didik dari pra-siklus hingga siklus II, di mana persentase ketuntasan meningkat secara bertahap. Selain meningkatkan pemahaman materi, media audio-visual juga membangun motivasi belajar dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Namun, efektivitas metode ini masih menghadapi beberapa tantangan, seperti keterbatasan fasilitas teknologi dan variasi sumber daya digital. Oleh karena itu, diperlukan strategi inovatif dan dukungan dalam penyediaan sarana pembelajaran yang lebih memadai agar pemanfaatan media audio-visual dapat berjalan optimal dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam, Media Audio Visual

Published
2025-09-12