ISTIQRA' Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam

  • ISTIQRA
Keywords: Penanaman Nilai-nilai, Tanggung Jawab

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya kesadaran dan penerapan nilai tanggung jawab dalam keseharian peserta didik kelas V di UPT SDN 175 Cendana mendorong perlunya penelitian tentang strategi penanamannya. Permasalahan pada penelitian ini yaitu; a. Bagaimana proses penanaman nilai-nilai tanggung jawab?. b. Bagaimana peran guru dan lingkungan sekolah dalam membentuk sikap tanggung jawab pada peserta didik kelas V di UPT SDN 175 Cendana Kabupaten Enrekang?

Hasil dari penelitian ini bahwa, proses penanaman nilai-nilai tanggung jawab pada peserta didik kelas V di UPT SDN 175 Cendana Kabupaten Enrekang dilakukan melalui pembiasaan harian, keteladanan guru, serta dukungan lingkungan sekolah yang kondusif. Peserta didik dibiasakan menjalankan tugas kelas, disiplin dalam mengumpulkan tugas, serta menjaga kebersihan lingkungan sekolah, sementara guru berperan sebagai model dengan menunjukkan sikap tanggung jawab melalui kedisiplinan dan profesionalisme dalam mengajar. Selain itu, lingkungan sekolah yang memiliki aturan yang jelas dan budaya kerja sama turut mendukung pembentukan karakter peserta didik agar lebih bertanggung jawab. Pendekatan yang diterapkan bersifat bertahap dan tanpa paksaan, sehingga peserta didik merasa nyaman dalam menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Kata Kunci: Penanaman Nilai-nilai, Tanggung Jawab