ISTIQRA' Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam
Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan termasuk dalam kategori penelitian lapangan, di mana peneliti terlibat secara langsung dalam konteks yang diteliti. Salah satu aspek penting dalam proses ini adalah pelaksanaan muhasabah atau refleksi diri, yang dilakukan dengan cara memperhatikan kondisi internal, melakukan perenungan mendalam, serta mengenali berbagai kelemahan yang dimiliki. Sebagian besar siswa menunjukkan perhatian penuh ketika guru menyampaikan materi. Penerapan metode dilakukan melalui beberapa tahapan yang telah dirancang sebelumnya, dan tahapan-tahapan tersebut disesuaikan dengan struktur umum dalam metode Muhasabah An-Nafs. Untuk mengimplementasikan metode ini, konsep Takhalli, Tahalli, dan Tajalli dijabarkan ke dalam lima langkah utama, yaitu: pemberian motivasi, penyampaian muhasabah materi.
Gambaran ringkas mengenai peristiwa yang berlangsung secara alami menjadi fokus utama pendekatan deskriptif kualitatif yang diterapkan dalam penelitian ini. Metode tersebut lebih memusatkan perhatian pada karakteristik, atribut, serta keterkaitan antar aktivitas yang diamati. Penelitian ini menghasilkan temuan sebagai berikut: Tahapan perencanaan dalam penerapan metode Muhasabah An-Nafs untuk membantu siswa mengenali kompetensi dirinya dalam mata pelajaran PAI di SMKN 4 Kolaka Utara dilakukan dengan mengacu pada teori yang relevan, yakni menyusun tahapan pelaksanaan berdasarkan tiga prinsip utama muhasabah: Takhalli, Tahalli, dan Tajalli. Tahap implementasi metode Muhasabah An-Nafs mengikuti alur yang telah dirancang sebelumnya, dimulai dari pemberian motivasi kepada peserta didik, dilanjutkan dengan penyampaian materi terkait muhasabah, penguatan karakter, pembinaan spiritual, serta pengembangan kompetensi. Penguatan kompetensi dilakukan dengan memberikan pemahaman tentang klasifikasi isi materi PAI yang disesuaikan dengan pendekatan dalam pembelajaran. Dampak dari penerapan metode Muhasabah An-Nafs menunjukkan adanya peningkatan pada kemampuan berpikir dan kompetensi sosial siswa, yang pada akhirnya membantu mereka memahami struktur klasifikasi materi PAI sesuai dengan pendekatan Muhasabah An Nafs. Dengan demikian, kompetensi siswa dalam memahami materi PAI di SMKN 4 Kolaka Utara dapat teridentifikasi secara lebih jelas
Kata Kunci : Integrasi Pendidikan Agama Islam , Metode Muhasabah An-Nafs