ISTIQRA' Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam
Abstract
Penelitian ini dilator belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Al-Mu’minin Purau, Kabupaten Kolaka Utara. Untuk mengatasi hal tersebut, diterapkan teori belajar humanistik yang menekankan pendekatan pembelajaran berpusat pada kebutuhan dan potensi individu siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan teori belajar humanistik, menganalisis peningkatan hasil belajar, serta mengevaluasi pengaruh penerapan teori tersebut terhadap hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dengan uji keabsahan melalui credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teori belajar humanistik mampu menciptakan suasana pembelajaran yang lebih positif, emosional, dan bermakna. Pendekatan ini terbukti meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan pemahaman siswa secara bertahap, serta berkontribusi pada peningkatan hasil belajar dari aspek kognitif, afektif, dan spiritual.
Kata Kunci: Teori Belajar Humanistik, Hasil Belajar.