ISTIQRA' Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam
Abstract
ABSTRAK: Penelitian ini mengkaji pelaksanaan pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) di Universitas Muhammadiyah Kolaka Utara (UM-Kota), dengan fokus pada identifikasi kendala dan upaya mengatasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran AIK dilakukan dengan pendekatan aktif dan berbasis nilai-nilai keislaman, meski menghadapi kendala seperti keterbatasan fasilitas, rendahnya minat mahasiswa, variasi kemampuan dosen dalam penggunaan teknologi, serta evaluasi yang terbatas pada aspek kognitif. Universitas telah mendukung dengan kebijakan, namun peningkatan sarana dan pelatihan dosen masih diperlukan. Upaya pembaruan kurikulum, pelatihan dosen, metode interaktif, dan evaluasi berkala telah dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut, yang mulai menunjukkan hasil positif terhadap partisipasi mahasiswa, meskipun keberhasilan lebih optimal membutuhkan kerja sama berkelanjutan dari semua pihak terkait.
Kata Kunci: Pengembangan Pembelajaran, al-Islam dan Kemuhammadiyahan