ISTIQRA' Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam
Abstract
Penelitian ini membahas persepsi, faktor pendukung, dan pengalaman siswa dalam menggunakan gadget untuk mendukung pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 1 Kodeoha, Kabupaten Kolaka Utara. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana siswa memandang penggunaan gadget, faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatannya secara edukatif, serta dampaknya terhadap motivasi belajar mereka dalam mata pelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan perspektif pedagogis dan psikologis, serta mengandalkan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dengan uji keabsahan data melalui credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gadget memberikan dampak positif dalam meningkatkan pemahaman, minat, dan motivasi belajar siswa PAI, terutama melalui kemudahan akses informasi digital dan penggunaan media visual yang menarik seperti aplikasi Al-Qur’an dan video ceramah. Persepsi siswa terhadap gaya belajar digital cukup positif, terutama ketika didukung oleh fasilitas sekolah, peran aktif guru, dan kebijakan sekolah yang kondusif. Namun, pemanfaatan gadget juga dihadapkan pada kendala seperti keterbatasan perangkat, akses internet yang tidak merata, serta kurangnya kedisiplinan dalam penggunaan. Oleh karena itu, dibutuhkan pengawasan guru yang konsisten, pembiasaan etika digital, dan kolaborasi antara guru, wali kelas, dan pimpinan sekolah agar penggunaan gadget benar-benar mendukung tujuan pembelajaran PAI secara optimal.
Kata Kunci: penggunaan gadget, motivasi belajar