ISTIQRA' IMPLEMENTASI HIDDEN CURRICULUM PESANTREN UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMA NEGERI 1 BAUBAU

  • ISTIQRA
Keywords: Hidden Curriculum, karakter religius, siswa

Abstract

Penelitian ini merupakan studi tentang pemahaman dan Implementasi Hidden Curriculum Pesantren untuk Mengembangkan Karakter Religius Siswa di SMA Negeri 1 Baubau. Latar belakang kajian ini didasarkan pada pengembangan karakter dalam pendidikan formal tidak dapat terlepas dari keterlibatan kepala sekolah, guru, dan orang tua siswa yang memiliki andil sangat besar dalam menentukan keberhasilannya. Hidden Curriculum pesantren merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan karakter religius siswa yang meliputi pembentukan karakter, pembentukan sikap, Pengembangan Keterampilan Sosial, Pendidikan Moral dan mengembangkan karakter religius meliputi Keimanan, Taat pada ajaran agama, Toleransi, Perilaku baik, Peduli lingkungan, Tanggung jawab. Tujuan penelitian ini diarahkan pada tiga aspek pokok, yaitu : (1) Bentuk pelaksanaan, (2) Strategi pelaksanaan, (3) Dampak dari Implementasi hidden curriculum pesantren untuk mengembangkan karakter religius siswa.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan, wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan pemberian kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas, depandabilitas dan Konfirmabilitas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bentuk pelaksanaan hidden curriculum pesantren untuk mengembangkan karakter religius siswa di SMA Negeri 1 Baubau mencakup aspek struktural dan kultural yang pelaksanaannya di dalam dan di luar kelas, (2) strategi pelaksanaan hidden curriculum pesantren untuk mengembangkan karakter religius siswa di SMA Negeri 1 Baubau meliputi seluruh usaha yang dilakukan seluruh komponen stakeholders pendidikan, dan (3) dampak pelaksanaan hidden curriculum pesantren untuk mengembangkan karakter religius siswa di SMA Negeri 1 Baubau meliputi nilai aqidah, ibadah, dan akhlak.

 

Kata Kunci : Hidden Curriculum, karakter religius, siswa

Published
2025-09-11