Konsep Dasar Penelitian Pendidikan
Abstract
Melalui penelitian yang seksama dan sistematis, para ilmuan dapat menemukan berbagai gejala atau praktik yang dapat dijadikan solusi terbaik bagi upaya pemecahan suatu masalah. Walaupun tidak semua ilmu pengetahuan dihasilkan dari penelitian, namun tidak dipungkiri secara empiric bahwa hasil penelitian telah menghasilkan ilmu pengetahuan baru dan dijadikan salah satu metodologi ilmu.Dengan demikian, penelitian pada hakikatnya adalah suatu kegiatan ilmiah untuk memperoleh pengetahuan yang benar tentang suatu masalah. Terdapat lima tipe sumber ilmu pengetahuan, yaitu Revealed Knowledge, Intuitive Knowledge, Rational Knowledge, Empirical Knowledge, Authoritative Knowledge. Kegiatan penelitian dilakukan dengan tujuan tertentu, dan pada umumnya tujuan itu dapat dikelompokkan menjadi tiga hal utama yaitu untuk menemukan, membuktikan dan mengembangkan pengetahuan tertentu. Dengan ketiga hal tersebut, maka implikasi dari hasil penelitian akan dapat digunakan untuk memahami, memecahkan, dan mengantisifasi masalah.