Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Umpar Terhadap Pelayanan Berbasis Internet Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto
Abstract
Universitas Muhammadiyah parepare (UMPAR) memiliki beberapa layanan yang berbasis internet untuk kegiatan mahasiswanya, diantaranya Logbook, e-Cash, v-KKN, dan lain-lain. Setiap mahasiswa tentunya ingin mendapatkan pelayanan berbasis internet yang baik dan optimal. Oleh karena itu, perlu dilakukan penilaian terhadap kualitas pelayanan berbasis internet untuk mengetahui puas atau tidaknya mahasiswa terhadap kualitas pelayanan berbasis internet yang disedikan oleh UMPAR. Oleh itu , Dalam beberapa pertimbangan, penulis memutuskan untuk membuat penelitian yang berjudul “Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Umpar Terhadap Pelayanan Berbasis Internet Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto”. Tujuannya adalah membuat sebuah aplikasi serta mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan internet UMPAR dengan menggunakan metode fuzzy tsukamoto. Hasil penelitain ini adalah sebuah aplikasi analisis tingkat kepuasan mahasiswa umpar terhadap pelayanan berbasis internet menggunakan metode fuzzy tsukamoto. Dimana 40 Mahasiswa sebagai responden memberikan penilaian mengenai tingkat kepuasan terhadap pelayanan berbasis internet di kampus UMPAR melalui kuesioner, dengan hasil rata-rata tingkat kepuasan mahasiswa sebanyak 66,9% dengan rincian: 3 (tiga) mahasiswa Tidak Puas, 27 Mahasiswa sangat Puas, 10 Mahasiswa tidak puas, dan tidak ada Mahasiswa yang sangat tidak puas
References
Muchlis, A. Christian, M. P. Sari.” Kuesioner Online Sebagai Media Feedback Terhadap Pelayanan Akademik Pada STIMIK Prabumulih,” Jurnal Eksplora Informatika., Vol. 8, hlm 149-157, Maret 2019
Umpar, P. (Januari 2022). “Sejarah”. [Daring] hlm. 52. 177. Tersedia: http://www.umpar.ac.id/sejarah (30 juli 2023)
Kumarsela, V. R., Basri, B. “Rancang Bangun Aplikasi Mahasiswa Dan Keuangan Muhammadiyah Parepare,” Jurnal Sintaks Logika., Vol. 2, hlm 46-54, Mei 2022.
E. Widawati, Dan Siswohadi. “Analisis Tentang Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik Dan Pelayanan Administrasi,” JMM Online,. Vol. 4, Hlm 1500-1513, Okto 2020.
Snae, Y. M., Manu, G. A, Fallo, D Y. A.. Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap kinerja dosen dalam proses belajar mengajar mengunakan fuzzy logic,” JURNAL RUMPUN ILMU PENDIDIKAN., Vol. 1, hlm 66-77, Jan 2022.
M. Yusa, A. S. F. Alqap, Helmizar, dan N. Hidayati. “analisis tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan akademik di fakultas teknik universitas Bengkulu,” Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika (JBMI)., Vol. 18, hlm 103-118, Okt 2021.
V. A. Nuantra, M. J. Mahmudah, S. A. C. Hanif, M. R. Fadillah, M. R. Sacky, W. Kristanto, dan F. Yuamita. “Faktor Usability Testing Terhadap Penggunaan Presensi Di Web SIA UTY,” Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Terapan (JTMIT)., Vol. 1, hlm 173-182, Sept 2022.
I. R. Dhaifullah, Muttanifudin, A. A. Salsabila, M. A. Yakin. “Survei Teknik Pengujian Software Software Testing Engineering Survey,” JACIS : Journal Automation Computer Information System., Vol.2, hlm 31-38, mei 2022.
H. Pranatawijaya, Widiatry, R. Priskila, dan P. B. A. A. Putra. “Pengembangan Aplikasi Kuesioner Survey Berbasis Web Menggunakan Skala Likert dan Guttman Viktor,” Jurnal Sains dan Informatika., Vol. 5, hlm 128-137, Nov 2019.
M. M. Zagoto, N. Yarni, O. Dakhi. “Perbedaan Individu Dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran,” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran., Vol. 2, hlm 259-285 , Des 2019.
Ariska, A., & Wahyuddin, W. (2022). Penerapan Kriptografi Menggunakan Algoritma Des (Data Encryption Standard). Jurnal Sintaks Logika, 2(2), 9-19.
Wahyuddin, W., & Hasim, A. (2023). Aplikasi Ekstraksi Data Kartu Vaksin Berbasis Web Menggunakan Metode Ocr. Jurnal Sintaks Logika, 3(2), 53-57.
Copyright (c) 2023 Mughaffir Yunus, Marlina Marlina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.