PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 7 PINRANG

  • Mardiah Marhabang SMA NEGERI 7 PINRANG
Keywords: Pembelajaran kooperatif, Make a match, Prestasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) keaktifan belajar Sosiologi Sosiologi siswa selama penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match, (2) prestasi belajar Sosiologi siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin yang dilakukan dalam 2 siklus. Model penelitian ini terdiri atas empat langkah yaitu, Perencanaan (Planing), Tindakan (acting), Observasi, Refleksi (relfkecting). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Pinrang tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 31 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dengan Persentase.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan keaktifan belajar Sosiologi. Peningkatan ini dapat dilihat dari Persentase keaktifan belajar Sosiologi siswa pada keadaan awal adalah 52.5%, menjadi 80% pada siklus I, dan meningkat menjadi 92.5% pada siklus II. (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan prestasi belajar Sosiologi. Peningkatan ini dapat dilihat dari rata-rata belajar Sosiologi siswa pada keadaan awal 63,83 menjadi 69,46 pada siklus I dan meningkat menjadi menjadi 79,78 pada siklus II. Dari segi KKM (60), pada keadaan awal siswa mencapai KKM sebesar 51.61%, siklus I meningkat menjadi 61,29% dan siklus II meningkat menjadi 87,10%

Published
2021-03-31