UPAYA PENINGKATAN KINERJA GURU MELAKSANAKAN KEGIATAN PEMBELAJARAN MELALUI PENERAPAN SUPERVISI KLINIS KEPALA SEKOLAH DI UPTD SD NEGERI 39 PAREPARETAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • Beddu Amin UPTD SD NEGERI 39 PAREPARE
Keywords: Supervisi klinis, Kinerja guru

Abstract

UPTD SD Negeri 39 Parepare telah dilakukan supervisi klinis dengan berbagai cara untuk meningkatkan kinerja kepala sekolah dan guru dan hasil pengamatan dan pantauan awal yang dilakukan menunjukkan bahwa masih menjumpai guru yang mengajar belum membuat rencana pembelajaran (RPP), hanya menggunakan metode ceramah dan jarang sekali yang menggunakan alat bantu pelajaran, melaksanakan  penilaian  dan  tindak  lanjut belum menggunakan format administrasi guru kelas  yang ada.  Tujuan  penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kinerja guru-guru di UPTD SD Negeri 39 Parepare. Jenis  penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah, yaitu penelitian tindakan yang dilaksanakan oleh kepala sekolah satuan pendidikan dalam melaksanakan tugas-tugas pengawasan pada sekolah binaannya. Supervisi klinis dapat meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran antara lain, kinerja guru meningkat dalam melaksanakan pembelajaran, kinerja guru meningkat dalam meningkatkan  pembelajarannya, kinerja guru meningkat dalam melaksanakan tindak lanjuthasil penilaian KBM, dimana berdasarkan supervisi klinis terjadi kenaikan nilai rata-rata pada pra siklus 71,97 (Cukup) diperbaiki pada siklus pertama menjadi 79,55 (Baik) yang kemudian diperbaiki pada siklus kedua menjadilebih baikdengan nilai rata-rata 82,32 (Baik) sehingga sudah terlihat guru melaksanakan pembelajaran dengan baiksesuai dengan tujuan yang akan dicapai.

Published
2021-03-31