HAMIL PRANIKAH DALAM PERSPEKTIF BIMBINGAN DAN PENYULUHAN ISLAM (Studi Kasus di KUA Kecamatan Soreang Kota Parepare)

  • Sumadin UM Parepare
  • Siti Nurhayati UM Parepare
Keywords: Kehamilan pra nikah, Bimbingan dan penyuluhan

Abstract

Penelitian ini berjudul “Hamil Pranikah Dalam Perspektif Bimbingan Dan Penyuluhan Islam (Studi Kasus Di KUA Kecamatan Soreang Kota Parepare)”. Penelitian ini membahas Bagaimana tinjauan bimbingan dan penyuluhan Islam tentang kasus hamil pranikah di KUA Kecamatan Soreang  Kota Parepare.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif . teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data dan display data.

Hasil penelitian yang didapatkan adalah Faktor penyebab hamil pranikah di KUA Kecamatan Soreang Kota Parepare yaitu; Faktor keluarga yang menjadi penunjang terjadinya hamil pranikah pada remaja di Kecamatan Soreang adalah: Perceraian orang tua, kurangnya perhatian orang tua terhadap anak, keluarga broken home, kondisi orang tua yang permisivisme, jauh dari pendidikan Islam. Faktor lingkungan yang menjadi penunjang terjadinya hamil pranikah pada remaja di Kecamatan Soreang adalah: lingkungan pergaulan bebas, dan peluang yang mendukung untuk berbuat melakukan hubungan seksual. Tinjauan Bimbingandan Penyuluhan Islam Tentang Kasus Hamil Pranikah di KUA Kecamatan Soreang  Kota Parepare yaitu Perkawinan yang di dahului dengan adanya perzinaan yang awalnya rata-rata tidak disetujui oleh orang tuanya atas perbuatannya yang sudah terjadi itu, dan perzinaan yang merupakan perbuatan yang sangat berat hukumannya karena menimbulkan dampak yang tidak baik bagi yang melakukan perzinaan tersebut maupun masyarakat sekitarnya. Perzinaan yang dilakukan oleh salah satu anggota keluarga akan menanggung beban yang begitu berat.

Published
2021-03-31