PENGARUH PEMBELAJARAN LITERASI AL QUR’AN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA AL QUR’AN PADA PESERTA DIDIK DI SMA MUHAMMADIYAH PAREPARE

  • Andi Fitriani Djollong UM Parepare
  • Iman Sudirman UM Parepare
Keywords: Literasi Al-Qur'an, Minat baca

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Pembelajaran Literasi Al Qur’an Dalam Meningkatkan Minat Baca Al Qur’an Di SMA Muhammadiyah Parepare” (Pembimbing I Andi Fitriani Djollong, S. Ag,. M. Pd.I dan Rosmiati Ramli, S.Ag,. M.Pd.I). Skripsi ini membahas tentang pembelajaran literasi Al Qur’an di SMA Muhammadiyah Parepare. Dan minat baca Al Qur’an. Dan serta pengaruh pembelajaran literasi dalam meningkatkan minat baca Al Qur’an di SMA Muhammadiyah Parepare.

Jenis peneltian ini  yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung kelapangan untuk mendapatakan data dan fakta valid.

Hasil penelitian yang didapat adalah:  (1). Sistem pembelajaran literasi Al Qur’an di SMA Muhammadiyah Parepare berada pada kategori baik yaitu 54%, berdasarkan hasil penelitian melalui data angket yang telah dibagikan  (2). Minat baca Al Qur’an di SMA Muhammadiyah Parepare berada pada keteogori baik yaitu 63%. Melalui hasil hasil angket yang telah dibagikan oleh penelitih. (3). Pembelajaran literasi Al Qur’an dalam meningkatkan minat baca Al Qur’an di SMA Muhammadiyah Parepare terdapat korelasi yang signifikan antara pembelajaran literasi dalam menigkatkan minat baca AL Qur’an. Hal ini terbukti berdasarkan perhitungan statistik yang dilaksankan dengan menggunakan rumus product moment.

Published
2021-03-31