PERAN KOMUNIKASI KONSELING OLEH GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI PROBLEMA PESERTA DIDIK DI SMK MUHAMMADIYAH PAREPARE
Abstract
Peneliti mengangkat judul penelitian "Peran Komunikasi Konseling oleh Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Problema Peserta Didik di SMK Muhammadiyah Parepare". Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan memahami peran komunikasi konseling yang dilakukan oleh guru bimbingan konseling dalam mengatasi problema peserta didik di SMK Muhammadiyah Parepare, mengetahui dan memahami metode yang dilakukan oleh guru bimbingan konseling dalam mengatasi problema peserta didik di SMK Muhammadiyah Parepare. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan di SMK Muhammadiyah Parepare, menggunakan pendekatan kualitatif. sumber data ada dua: sumber data primer yang dilakukan peneliti adalah guru bimbingan konseling dan beberapa peserta didik dan sumber data sekunder yang digunakan adalah dokumentasi dan berbagai literatur yaitu berupa jurnal, artikel ataupun yang berkaitan dengan pembahasan penelitian, instrumen kunci penelitian yaitu lembar observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi, teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Peran komunikasi konseling oleh guru bimbingan konseling dalam mengatasi problema peserta didik di SMK Muhammadiyah Parepare sangat efektif digunakan. 2) Terdapat 2 metode yang digunakan guru bimbingan konseling dalam mengatasi problema peserta didik diantaranya: pendekatan kelompok (bimbingan kelompok) dan pendekatan individual (konseling individual)