PENERAPAN PUNISHMENT SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN PERILAKU DISIPLIN DI UPT SMA MUHAMMADIYAH PAREPARE

  • Sumadin Program Studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Dinda Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: Penerapan Punishment, Pembentukan Perilaku, Kedisiplinan

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui Perilaku disiplin peserta didik di UPT SMA Muhammadiyah Parepare, penerapan punishment di UPT SMA Muhammadiyah Parepare, dan bentuk perilaku peserta didik di UPT SMA Muhammadiyah Parepare”. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di UPT SMA Muhammadiyah Parepare. Pendekatan penelitian: Sumber data: Data primer (peserta didik, dan guru PAI) dan data sekunder (guru BK , buku pustaka, artikel dan dokumentasi foto). Instrumen penelitian: pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Prosedur pengumpulan data: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan: Data Reduction (Reduksi data), Data Display (Penyajian data), Conclusion Drawing/Vervication (Penarikan kesimpulan dan Verivikasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) perilaku peserta didik di UPT SMA Muhammadiyah Parepare seiring berjalannya waktu peserta didik mulai membaik dari yang tidak disiplin menjadi disiplin, walaupun masih ada sebagian peserta didik yang tidak taat dengan peraturan. (2) Penerapan pemberian punishment kepada peserta didik di UPT SMA Muhammadiyah Parepare berjalan baik sesuai peraturan yang ditetapkan di SMA Muhammadiyah Parepare. (3) Dampak dari pemberian punishment kepada peserta didik dapat menjadikan peserta didik lebih disiplin, yaitu disiplin waktu dan disiplin dalam peraturan sehingga mencapai proses pembelajaran yangt diinginkan

Published
2023-09-29