PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDKAN AGAMA ISLAM SECARA DARING DI KELAS VII IMTsN 1 TANA TORAJA

  • Rosmiati Ramli Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Nurlailah Ibrahim Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: Pendekatan saintifik, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh penerapan pendekatan saintifik dalam meningkatkaan hasil belajar peserta didik pada mata pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara daring di kelas VIII MTsN 1 Tana Toraja
Jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan sifat penelitian ex post facto. Pendekatan penelitian, sumber data yang di gunakan ada 2 yaitu data primer dan data sekunder. Populasi berjumlah 64 peserta didik dan sampel berjumlah 30 peserta didik. Lokasi penelitian di MTsN 1 Tana Toraja., sumber data, instrumen yang digunakan yaitu angket, wawancara, dokumentasi. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif secara deskriptif dengan menggunakan rumus distribusi frekuensi.
Hasil penelitian yang didapatkan adalah (1) Pengaruh penerapan pendekatan saintifik berada pada kategori sangat setuju dan setuju adalah 48%.(2) Meningkatkan. Hasil belajar peserta didik MTsN 1 Tana Toraja berada pada kategori sangat setuju dan setuju adalah 67%. (3) penerapan pendekatan saintifik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam secara daring, berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik Pendidikan Agama Islam secara daring di kelas VIII MTsN 1 Tana Toraja. Berdasarkan nilai signifikasi dari "rxy" atau r hitung pada taraf signifkansi 5% dan taraf signifikasi 1% lebih besar dari r tabel (9159>4579 dan 9159), maka Ho ditolak dan Ha disetujui atau diterimah.

Published
2023-04-28