ANALISIS MINAT PESERTA DIDIK DALAM MENGGUNAKAN WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARANMATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI UPT SMP NEGERI 1 LEMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat belajar belajar peserta didik dan faktor yang mendukung dan menghambat proses pembelajaran peserta didik dalam dalam menggunakan media WhatsApp di Kelas VII UPT SMP Negeri 1 Lembang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data.
Hasil penelitian yang didapat adalahpeserta didik memiliki minat terhadap pelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan media WhatsApp. Meskipun tidak terlalu optimal karena beberapa peserta didik kurang memahami pembelajaran secara online. Faktor pendukung dan penghambat proses pembelajaran menggunakan media WhatsApp dimana faktor pendukung yaknifaktor internal peserta didik adalah adanya faktor kebutuhan dan motivasi dari dalam diri peserta didik yang mendorong peserta didik untuk semangat belajar Pendidikan Agama Islam, dan faktor eksternal dari guru dan orang tua peserta didik yang memberikan semangat dan motivasi kepada peserta didik agar sengat belajar Pendidikan Agama Islam menggunakan media WhatsApp. Faktor yang menjadi penghambat peserta didik untuk belajar Pendidikan Agama Islam menggunakan media WhatsApp terdapat di kendala sinyal, jaringan, dan kuota internet.