PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN UMPAN BALIK ( FEEDBACK ) PADA MATA PELAJARAN PAI DALAM SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE DI SMPN 4 MODEL PAREPARE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pembelajaran umpan balik (Feed back), respon peserta didik terhadap penerapan strategi pembelajaran umpan balik (Feed back) pada sistem pembelajaran Online, dan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan penerapan strategi pembelajaran umpan balik (Feed back) pada mata pelajaran PAI dalam sistem pembelajaran Online. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualittif.
Hasil penelitian yang didapatkan adalah (1) langkah-langkah penerapan strategi pembelajaran umpan balik (feed back) pada mata pelajaran pai dalam sistem pembelajaran Online yang terdiri dari 5 tahap yaitu di mulai dari pembukaan, pelaksanaan pembelajaran, pengukuran dan penilaian, umpan balik, dan terakhir penutup. Kemudian (2) respon peserta didik terhadap penerapan strategi pembelajaran umpan balik (feed back) pada mata pelajaran pai dalam sistem pembelajaran Online Peserta didik aktif dalam proses pemebelajaran, seperti ketika mengisi absen, memeberikan pertanyaan atau tanggapan terhadap bahan ajar yang disampaikan guru, dan aktif menggerjakan tes atau tugas yang diberikan oleh guru PAI, Walaupun tidak sedikit juga ditemukan siswa yang tidak aktif dalam memeberi respon. Dan (3) kelebihan dan kekurangan strategi pembelajaran umpan balik (feed back) pada mata pelajaran PAI dalam sistem pembelajaran Online. Pendidik dapat mengetahui kendala yang dihadapi peserta didik dengan jelas melalui pemberian tes atau tugas dan dari respon peserta didik. Strategi umpan balik dalam pelaksanaannya itu bisanya membutuhkan waktu yang agak lama. Sehingga ketika diterapkan dalam sistem pembelajaran online tidak semua langkah-langkahnya dapat dilaksanakan. Kekurangan dalam sistem pembelajaran online juga dapat mempengaruhi penerapan strategi umpan balik. Seperti kendala jaringan tidak stabil dan media pembelajaran lainnya terbatas.