PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 3 KOTA PAREPARE

  • Abdullah Sekolah Tinggi Agama Islam DDI Parepare
Keywords: Pengelolaan pembelajaran PAI, Prestasi belajar peserta didik

Abstract

Tesis ini mengkaji pelakasanaan pengelolaan pembelajaran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar peserta belajar di SMP Negeri 3Kota Parepare. Permasalahan yang dibahas dalam tesis ini, meliputi berbagai proses pelaksanaan pengelolaan pembelajaran penedidikan agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar oeserta didik di SMP Negeri 3 Kota Parepare. Faktor pendukung dan penghambat serta solusi dalam pelaksanaan pengelolaan pembelajaran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SMP Negeri 3 Kota Parepare dan hasil pelaksanaan pembelajaran pendidikan agma Islam dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SMP Negeri 3 Kota Parepare.
Dalam penelitian ini, untuk membahas permasalahan tersebut maka dilakukan pengumpulan data di lapangan dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Sumber data yang diperoleh yaitu seluruh guru pendidikan agama Islam, kepala sekolah beserta wakil-wakilnya dan peserta didik. Data yang dikumpulkan diolah melalui dua tahap yakni penyajiann data data dan penariakn kesimpulan, lalu ditarik konklusi dan analisis secara kualitatif. Untuk mengkaji permasalahn dalam tesis ini, digunakan interdisipliner, yaitu pendekatan doktrin-doktrin pedagogis, doktrin religius, dan doktrin psikologis.
Setelah melakukan analisis terhadap data yang diperoleh maka hasilnya menunjukkan bahwa terdapat dua tahap yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Kota Parepare dalam proses pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam. Adapun hasil pelaksanaan pengelolaan pembelajaran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik yaitu penulis menemukan adanya peningkatan prestasi belajar peserta didik yang ditunjukkan melalui pengetahuan,sikap dan keterampilan, kemudian dibuktikan nilai rapor di atas KKM setelah semester.
Implikasi dalam penelitian ini adalah, berbagai proses pelaksanaan pengelolaan pembelajaran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SMP Negeri 3 Kota Parepare hendaklah dipertahankan, bahkan kalau perlu ditingkatkan dengan berbagai kreativitas guru pendidikan agama Islam yang mampu menunjang proses peningkatan prestasi belajar peserta didik. Selain itu, upaya maksimal yang telah dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik akidah, juga perlu inovasi dengan semakin menggali potensi-potensi sumber daya pendidikan yang ada guna pembinaan yang berkelanjutan. Dukungan seluruh aspek pendidikan hendaklah sejalan dengan program pembelajarn yang dilakukan guru pendidikan agama Islam, turutama keteladanan dan pengawasan dalam lingkungan keluarga, masyarakat dan sekolah.

Published
2023-04-28