EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PERKEMBANGAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI KELAS VII MTSN 1 TANA TORAJA
Abstract
Penyusun mengangkat judul skripsi “Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Perkembangan Spiritual Peserta Didik Di Kelas VII MTsN 1 Tana Toraja yang bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Perkembangan Spiritual Peserta Didik Di Kelas VII MTsN 1 Tana Toraja? 2) Bagaimana perkembangan spiritual peserta didik di Kelas VII MTsN 1 Tana Toraja? 3) Faktor apa yang mendukung dan menghambat Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Perkembangan Spiritual Peserta Didik di Kelas VII MTsN 1 Tana Toraja?
Penelitian ini menggunakan pendekatan field research (penelitian lapangan) dan bersifat kualitatif. Ini menggunakan metode observasi pengamatan dengan mencatat data atau informasi yang diperlukan sesuai dengan masalah yang telah diangkat, wawancara mengumpulkan data dengan Tanya jawab sambil bertatap muka dengan orang yang dapat memberikan keterangan pada tujuan penelitian dan dokumentasi adalah metode pengumpulan data dengan mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan, transkip, buku, surat kabar, majalah dan sebagainya.
Hasl penlitian mennjukkan bhwa hasl pencapian proses beljar mengjar Pendidikan Agama Islam terhdap perkembangan spirtual siswa MTsN 1 Tana Toraja sudah efektif dan memenhi taget pencapaian perencanan pembelajarn. Namn, sasran siswa blum secra keselruhan. Agr terjdi peningktan perkembangan spirital, dan prestasi beljar siswa sebaknya pihk sekolh secra berkelajutan meningktkan pengadan, pemeliharan, pemanfatan anka sumbr beljar, sekaligs secra berkelajutan meningktkan pembinan kualtas kerja gru khususya gru Pendidkan Agma Islm. Pengutan dalm perkembangan siswa agr dapt beljar degan rajn di sekolah dan secra terus-menrus seta siswa memliki perkembangan spirtual yng tiggi.
Kata Kunci ; Efektifitas Pembelajaran PAI, Perkembangan Spiritual